Inalum Bantu Korban Bencana Alam

Inalum Bantu Korban Bencana Alam
Inalum bantu korban bencana banjir dan tanah longsor di Parapat, Kabupaten Simalungun (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Balige - Inalum bantu korban bencana banjir dan tanah longsor di Parapat, Kabupaten Simalungun, berupa 200 paket sembako dan akan disusul bantuan perbaikan rumah rusak berat, yang dilakukan Kepala Departemen CSR & PKBL Inalum, Ismail Midi, di Kantor Camat Sipangan Bolon.

Ismail menjelaskan, perusahaan langsung bergerak cepat secara intensif dan estafet terus melakukan komunikasi dan koordinasi dengan BPBD Kabupaten Simalungun untuk persiapan bantuan yang tepat sasaran.

“Inalum terus melakukan monitor kondisi di lapangan hingga saat ini. Selain membantu dan mendistribusikan bantuan kepada para korban secepatnya sebagai bentuk kepedulian sosial perusahaan. Bantuan ini berdasarkan hasil koordinasi dengan BPBD Simalungun,” katanya, Selasa (18/5).

Deputy Sekretaris Perusahaan Inalum, Mahyaruddin Ende, dan Ari Bowo Soekotjo, Kepala Departemen Administrasi PLTA Inalum menjelaskan, pihaknya merasa prihatin atas kejadian bencana di Parapat baru-baru, yang kemungkinan disebabkan penurunan kualitas lingkungan dan hutan di sekitar Danau Toba.

Oleh karena itu, Inalum akan tetap memberikan perhatian yang lebih untuk membantu menjaga kelestarian lingkungan melalui program penghijauan di sekitar Danau Toba.

“Sejak tahun 2015 hingga 2020, perusahaan sudah melakukan program penghijauan sekitar 750 hektare lahan di 7 kabupaten sekitar Danau Toba. Dan rencananya, pada tahun 2021 Inalum akan melanjutkan program penanaman pohon sebanyak 250 hektare, membuat sumur resapan dan biopori, budidaya tanaman endemik, pengerukan embung, dan lain-lain guna menjaga kelestarian alam Danau Toba,” terang Ari Bowo Soekotjo.

Inalum juga melakukan program TMC yang dilaksanakan bekerja sama BPPT sebagai salah satu upaya untuk menjaga tinggi permukaan air Danau Toba.

Melalui persiapan yang akurat dan pelaksanaan yang terarah dan terukur berdasarkan kajian ilmiah pada titik lokasi yang telah ditetapkan dan dilakukan monitoring secara berkelanjutan dari hari ke hari dalam rentang pelaksanaan TMC 1 sampai 29 April 2021, keberhasilan TMC dapat langsung diobservasi dalam hitungan jam setelah pelaksanaan proses modifikasi.

Inalum sebagai badan usaha milik negara satu-satunya yang bergerak di bidang industri peleburan aluminium di Indonesia, akan terus berkomitmen untuk mendukung pelestarian alam dan lingkungan di kawasan Danau Toba yang telah ditetapkan menjadi destinasi wisata super prioritas kebanggaan masyarakat Sumatera.

(VIT/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi