Ratusan WNI Kembali Dipulangkan dari Malaysia

Ratusan WNI Kembali Dipulangkan dari Malaysia
Ratusan WNI yang baru tiba di Bandara Kualanamu dari Malaysia (Analisadaily/Kali A Harahap)

Analisadaily.com, Kualanamu - Ratusan warga negara Indonesia (WNI) dan seorang warga negara asing (WNA) tiba di Bandara Kualanamu dari Penang, Malaysia, Kamis (20/5).

Koordinator Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Bandara Kualanamu, Jimmy Mauluddi, menjelaskan pemulangan WNI ini merupakan yang kesekian kalinya di Bandara Kualanamu.

"Yang datang ada sebanyak 158 orang, 157 WNI ditambah 1 WNA," kata Jimmy.

Setibanya di Bandara Kualanamu, ratusan orang tersebut langsung menjalani pemeriksaan kesehatan sesuai protokol kesehatan (prokes).

"Satu per satu diwawancarai riwayat kesehatan serta kamana saja bepergian, selanjutnya dilakukan sweb masing-masing penumpang," jelasnya.

Jimmy menyebut para WNI sebelum dipulangkan ke pihak keluarga, terlebih dahulu menjalani karantina di Medan. Sedangkan seorang WNA diwajibkan karantina mandiri di hotel seputaran Jalan Arteri Bandara Kualanamu.

Kapolsek Bandara Kualanamu, Iptu Jonny H. Damanik, menjelaskan pihaknya dalam hal ini hanya melakukan pengamanan dan memastikan proses tahapan sesuai prokes pada para penumpang hingga mereka diantar ke lokasi karantina.

"Sejauh yang kita amati proses tahapan yang dilakukan berjalan aman dan lancar," kata Jonny.

Para WNI yang tiba di Bandara Kualanamu hari ini terdata dari Sumut, Aceh, NTT dan beberapa provinsi di Jawa.

(KAH/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi