Aksi Bersih Sungai Babura Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Aksi Bersih Sungai Babura Peringati Hari Lingkungan Hidup Sedunia
Aksi bersih Sungai Babura (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Puluhan relawan dari sejumlah lembaga melakukan aksi bersih sampah dan menebar eco enzyme di Sungai Babura, Kota Medan, Minggu (6/6).

Aksi bersih tersebut dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia sekaligus agenda aksi River Cleanup World 2021.

Anggota DPRD Sumut, Rusdi Lubis, bersama Kepala Dinas (Kadis) Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni didampingi Lurah Petisah Tengah, M Hafiz TA Parinduri, Founder Explore Sumatera, Joni Kurniawan.

Kemudian Ketua Ketua Perkumpulan Pemuda Pemudi Kampung Sejahtera (P3KS), Aminurasid, Koordinator VRI Sumut, Irfan Tri Handoko, Ketua PFI Medan, Rahmad Suryadi, Founder B Ge Creator, Ketua FAJI Medan, M Azhim Bakhri, Direktur Pilar, Ismail, dan sejumlah relawan, meresmikan Sekolah Sungai Kampung Sejahtera usai melakukan aksi bersih.

“Dalam melakukan aksi untuk sebuah perubahan yang lebih baik dibutuhkan keterlibatan dari banyak pihak. Untuk itu KAHMI Sumut siap untuk membantu berbagai kegiatan sosial dan kemanusiaan,” kata Anggota DPRD Sumut yang juga Ketua KAHMI Sumut, Rusdi Lubis.

Kolaborasi Semua Pihak

Aksi bersih Sungai Babura (Analisadaily.com/Istimewa)
Kadis Kebersihan dan Pertamanan Kota Medan, M Husni mengatakan, kolaborasi antara pemerintah dengan sejumlah lembaga, khususnya relawan sangat diperlukan dan sangat kuat untuk membuat perubahan yang lebih baik, dan menjadikan keberkahan Kota Medan.

“Perlu kolaborasi antara pegiat lingkungan dan pemerintah untuk efektifitas menjaga lingkungan dari kerusakan. Jika bisa dimaksimalkan, sinergisitas ini sangat membantu pemerintah, khususnya Kota Medan untuk menjamin lingkungan yang lebih baik bagi masyarakat,” sebutnya.

Lingkungan yang baik, kata Husni, sudah menjadi kebutuhan masyarakat. Apalagi, tidak menutup kemungkinan upaya pelestarian lingkungan juga berdampak positif pada perekonomian masyarakat.

Ditambahkan Husni, saat melakukan pengarungan aksi bersih dari Taman PLN menuju Kampung Sejahtera Medan, ada potensi yang bisa dikembangkan untuk meningkatkan perekonomian, terutama untuk kunjungan wisata.

“Masterplan telah disiapkan untuk pengembangan pariwisata di Kampung Sejahtera yang juga terkenal dengan kuliner tradisionalnya. Kita harus menjaga lingkungan, terutama bantaran Sungai Babura agar tampak bersih dan indah,” ungkapnya.

Ucapan Terima Kasih

Ketua P3KS, Aminurasid (Analisadaily.com/Istimewa)
Senada, Ketua P3KS, Aminurasid, mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi untuk menjaga lingkungan.

“Terkhusus di bantaran Sungai Babura,” ujarnya.

Lurah Petisah Tengah, M Hafiz TA Parinduri mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar. Harapannya ke depan masyarakat yang tinggal di bantaran sungai, khususnya masyarakat Kampung Sejahtera lebih aktif dan peduli dengan kebersihan sungai agar bisa dapat dimanfaatkan untuk potensi wisata baru yaitu wisata air, dan dapat meningkatkan perekonomian yang ada.

“Terakhir saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak, unsur organisasi ataupun relawan penggiat lingkungan untuk menjadikan Medan yang bersih dan berkah,” ucapnya.

PFI Medan ikut berpartisipasi memamerkan puluhan karya foto jurnalistik dengan tema lingkungan. Sekolah Sungai dilaunching di lapangan Serbaguna, Kampung Sejahtera, Jalan KH. Zainul Arifin.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi