Anggota DPRD Sumut Kunker, Bupati Simalungun Jelaskan Program 'Haroan Bolon'

Anggota DPRD Sumut Kunker, Bupati Simalungun Jelaskan Program 'Haroan Bolon'
Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, menerima cenderamata dari Anggota Sumut, Gusmiyadi (Analisadaily/Franscius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Raya - Anggota DPRD Sumatera Utara asal daerah pemilih (dapil) X Siantar-Simalungun melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Simalungun, Selasa (8/6).

Para anggota dewan itu terdiri dari Mangapul Purba, Rony Reynaldo Situmorang, Iskandar Sinaga, Saut B. Purba, Gusmiyadi, Franky Partogi Wijaya Sirait, Hidayah Herlina Gusti Nasution dan Rusdi Lubis.

Selain anggota DPRD Sumut, turut serta dalam kunjungan ke Kabupaten Simalungun sejumlah pimpinan organisasi perangkat daerah Pemprov Sumut.

Kehadiran rombongan anggota DPRD Sumut disambut Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, bersama sejumlah pejabat Pemkab Simalungun di Balai Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya.

Kegiatan dilanjutkan dengan pertemuan bersama sejumlah pimpinan OPD di jajaran Pemkab Simalungun dengan menjalankan protokol kesehatan.

"Tujuan kami melakukan kunjungan di Kabupaten Simalungun untuk melaksanakan fungsi pengawasan terkait kegiatan yang dilakukan OPD Provinsi Sumatera Utara di Siantar dan Simalungun tahun 2020," kata Gusmiyadi.

Selanjutnya Gusmiyadi menjelaskan bahwa pihaknya juga akan turun ke lapangan untuk melihat hasil kegiatan-kegiatan OPD Pemprov Sumut yang terlakasana di Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

Sementara itu Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga, menyampaikan apresiasi atas kunjungan anggota DPRD Sumut yang melakukan kunjungan kerja di daerahnya.

"Ini merupakan momen yang luar biasa untuk membangunan komunikasi dengan DPRD Sumatera Utara dalam mendukung program kerja Pemkab Simalungun. Sebab dengan komunikasi inilah akan melahirkan ide-ide yang baik untuk mengatasi berbagai masalah yang ada di Kabupaten Simalungun," kata Radiapoh.

Menurutnya Kabupaten Simalungun merupakan salah satu daerah terluas di Sumut. Terdapat infrastruktur jalan sepanjang hampir 2.000 kilometer, dimana yang kondisinya rusak mencapai 1.032 kilometer.

Pemkab Simalungun telah melakukan upaya untuk menanggulangi kerusakan jalan tersebut, salah satunya melalui program gerakan haroan bolon membangun Simalungun.

"Salah satu upaya yang kami lakukan untuk mengatasi kerusakan jalan di Simalungun dengan melaksanakan program gerakan haroan bolon membangun Simalungun dan telah terbentuk tim haroan bolon ini di nagori-nagori untuk mengatasi kerusakan jalan di wilayah Simalungun, minimal menjadi layak jalan," ujarnya.

Radiapoh juga menyampaikan bahwa dalam pelaksanaan program haroan bolon, Pemkab Simalungun menjalin komunikasi dengan para pengusaha, BUMN maupun perbankan yang ada di daerah ini untuk turut berpartisipasi dalam mendukung program tersebut.

Di samping itu, Radiapoh mengatakan bahwa pihaknya juga telah melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi dan pusat untuk membantu Pemkab Simalungun dalam menyukseskan program pembangunan di Bumi Habonaron Do Bona.

Oleh karena itu dia mengarapkan kepada anggota DPRD Sumut agar memberikan dukungan kepada Pemkab Simalungun dalam melaksanakan program kerja demi mewujudkan Simlaungun yang sejahtera.

Pertemuan tersebut diakhiri dengan tukar menukar cenderamata antara Pemkab Simalungun dengan anggota DPRD Sumut asal dapil X Siantar-Simalungun.

(FHS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi