Festival Teluk Jailolo Jadikan Kepulauan  Rempah Destinasi Wisata Unggulan

Festival Teluk Jailolo Jadikan Kepulauan  Rempah Destinasi Wisata Unggulan
Festival Teluk Jailolo (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Potensi pariwisata Kabupaten Halmahera Barat dipastikan akan memanjakan para wisatawan yang datang. Untuk menarik minat tersebut, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar) memberikan dukungan terhadap penyelanggaran Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2021 dengan tema yaitu “The Harmony of the Spice Island”.

Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf, Rizki Handayani menjelaskan, FTJ merupakan event promosi daerah yang dilaksanakan secara konsisten setiap tahun.

FTJ kembali terpilih masuk dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sebagai salah satu dari 10 event terbaik kategori event berbasis adaptasi dan inovasi, setelah tiga tahun berturut-turut masuk dalam Calender of Event Kemenparekaf.

“Festival Teluk Jailolo sangatlah menarik karena tema yang diambil localize mengangkat potensi pariwisata orisinil Halmahera Barat sebagai sebuah event untuk menciptakan experience yang unik dan berkesan. Konten unik ini bisa dinikmati secara online, sebagai bentuk inovasi di dunia event pariwisata,” kata Rizki dalam keterangan tertulisnya, Sabtu (12/6).

Ia menambahkan, pelaksanaan FTJ 9-12 Juni 2021 dengan tema yaitu “The Harmony of the Spice Island” memiliki maksud bahwa keberagaman adat dan budaya, perbedaan suku, ras dan agama di Halmahera Barat dipersatukan kembali dalam harmoni Ino Fo Makati Nyinga untuk membangkitkan potensi kepulauan rempah menjadi destinasi wisata unggulan yang mendunia.

FTJ yang identik dengan keramaian, saat ini dalam pelaksanaannya harus mengikuti konsep Hybrid Event yaitu dengan sistem online dan offline. Euphoria FTJ kali ini tidak akan sama dengan FTJ sebelumnya, untuk itu masyarakat diimbau tetap menerapkan protokol kesehatan CHSE (Cleanliness, Healthy, Safety and Environment Sustainability) dimanapun berada yakni menggunakan masker, mencuci tangan di air mengalir dan menjaga jarak aman dari kerumunan.

Pelaksanaan Konsep Hybrid untuk membatasi penonton luring dalam rangka mengurangi angka kerumunan di kawasan venue event. Pengunjung bisa menyaksikan FTJ tanpa harus datang ke venue, tetapi bisa secara daring melalui live streaming kanal promosi Dinas Pariwisata, Halmahera Barat.

Acara Unggulan

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Halmahera Barat yang juga Ketua Harian Panita, Fenny Kiat menjelaskan, pada FTJ 2021 terdapat rangkaian acara unggulan yang ditampilkan. Di antara yang terkenal adalah Ritual Sigofi Ngolo, merupakan upacara tradisi bersih laut dan tabur bunga yang bertujuan memohon izin kepada leluhur untuk kelancaran acara oleh masyarakat dengan berziarah ke Pulau Babua.

“Lalu yang tidak kalah menariknya adalah Teater Kuliner Tujuh Suku Asli di Desa Gamtala yang menawarkan edukasi wisata kuliner dengan menampilkan materi makanan khas Halmahera Barat yang disertai dengan deskripsi dan live cooking masyarakat lokal bersama Maestro Kuliner secara online. Di sini juga disuguhkan atraksi pentas seni yang akan menampilkan kekayaan budaya tujuh suku asli Halmahera Barat,” katanya.

Pada acara puncak akan ditampilkan persembahan teater musikal yang berlatar Teluk Jailolo “Sasadu On the Sea” yang merupakan ikon Festival Teluk Jailolo. Sasadu on the Sea yang juga ditampilkan dalam pembatasan jumlah pelakon secara hybrid sehingga masyarakat bisa menyaksikan melalui kanal promosi Dinas Pariwisata Halbar secara online.

Ada juga Fun Diving, Dancing in the Sunset, Pentas Seni Budaya, dan Orom Sasadu di Rumah Adat Sasadu Desa Gamomeng dalam rangka sebagai ucapan syukur atas hasil panen yang didapatkan oleh masyarakat.

“Kami juga menampilkan produk subsektor ekonomi kreatif serta dikupas tuntas dalam Talkshow daalam acara Expo dan Talkshow Ekonomi Kreatif dan Pesta Tani, menampilkan hasil alam potensi pertanian Halmahera Barat dengan budaya bercocok tanam serta petualangan mengunjungi kebun rempah,” tutupnya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno sangat mengapresiasi digelarnya Festival Telul Jailolo 2021 dan diharapkan dengan ada event ini dapat mempromosikan dan mengangkat potensi pariwisata dari keindahan alam dan bahari yang dimiliki oleh Hamahera Barat.

“Selain itu, Festival Telul Jailolo dapat menjaga eksistensi Halamera Barat sebagai daerah kepulauan rempah di Indonesia. Dan pada kesempatan ini saya juga ingin mengajak masyarakat untuk menyaksikan event dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat, terlebih lagi saat ini pandemi Covid-19 masih menghantu kita,” kata Sandiaga dalam sambutannya yang dibacakan secara virtual.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi