Vaksinasi Covid-19 Percepat Pemulihan Ekonomi Danau Toba

Vaksinasi Covid-19 Percepat Pemulihan Ekonomi Danau Toba
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno. (ANTARA/HO-Kemenparekraf)

Analisadaily.com, Jakarta - Vaksinasi Covid-19 massal melalui serbuan vaksinasi Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan pengembangan ekonomi kreatif di wilayah destinasi wisata danau Toba, Sumatera Utara dapat mempercepat pemulihan ekonomi.

"Penanganan Covid-19 serta program pengembangan ekonomi kreatif menjadi kunci pemulihan sektor parekraf nasional," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno dilansir dari Antara, Sabtu (7/8).

Melalui penanganan Covid-19 dan pengembangan ekonomi tersebut, Sandiaga menilai, sebagai pembuka peluang usaha sekaligus lapangan kerja di tengah keterbatasan imbas pandemi covid-19.

Kata dia, kolaborasi dan kegiatan-kegiatan ini adalah hasil kerja bersama, gerak cepat, gerak bersama dan garap semua potensi. Agar Danau Toba siap menjadi destinasi super prioritas yang paling berkualitas untuk menarik wisatawan dan membangkitkan ekonomi.

"Kemudian membuka lapangan kerja dan tentunya menjadi saluran berkat bagi banyak orang," kata Sandiaga.

Menparekraf secara virtual meresmikan kegiatan workshop pengembangan ekonomi kreatif kriya berbasis daur ulang di Perkampungan Pemuda HKBP Jetun Silangit, Desa Pohon Tonga, Siborong-borong, Tapanuli Utara.

Selanjutnya, Serbuan Vaksinasi Covid-19 TNI Tahap Pertama, serta soft launching Bobocabin Signature Toba yang berada di Kaldera Nomadic Escape di Desa Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Sandiaga, mengapresiasi seluruh pihak yang berperan aktif dalam pemulihan sektor parekraf sekaligus mengakhiri pandemi Covid-19.

Pengembangan destinasi super prioritas (DSP) Danau Toba merupakan prioritas Presiden Joko Widodo (Jokowi). DSP Danau Toba juga telah ditetapkan sebagai bagian dari UNESCO Global Geopark.

Ia juga mengapresiasi gerak cepat dari tim Badan Pengelola Otorita Danau Toba (BPODT) yang sudah melakukan sejumlah kegiatan secara berkesinambungan.

Sandiaga berharap seluruh upaya yang dilakukan dapat terus menggelinding dan membesar layaknya bola salju.

"Mari bersatu melawan pandemi, tebarkan optimisme, tetap semangat, selalu jaga kesehatan dan terapkan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin," tutur Sandiaga.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi