Bobocabin di Kaldera Toba Escape Dilengkapi Internet of Things

Bobocabin di Kaldera Toba Escape Dilengkapi Internet of Things
Bobocabin yang sudah selesai dibangun di Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba, Sumatra Utara. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Toba – Amenitas baru di The Kaldera Toba Nomadic Escape, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, terus dipromosikan, termasuk Bobocabin yang dihadirkan Bobobox dianggap sebagai angin segar peningkatan pariwisata di Danau Toba. Segala infrastruktur ditingkatkan agar siap menerima wisatawan jika pandemik Covid-19 mereda.

“Seperti kita ketahui arahan dari Presiden adalah Danau Toba harus disiapkan sebagai salah satu destinasi super prioritas dan Danau Toba merupakan bagian dari UNESCO Global Geopark," kata Menteri Pariwisata Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Minggu (8/8).

"Oleh karena itu, kita berkolaborasi untuk menghadirkan program yang tepat sasaran dan tepat manfaat. Garap semua potensi, agar Danau Toba menjadi destinasi super prioritas yang berkualitas, membangkitkan ekonomi kita, dan membuka lapangan kerja seluas-luasnya,” sambungnya.

Ada 4 kabin yang berdiri dari total 30 kabin yang akan dibangun. Empat kabin letaknya di tepian bukit yang menghadap ke Danau Toba. Dari dalam kabin, terlihat lanskap Desa Sigapiton yang diapit dua bukit pada sisi kiri kanan. Pada malam hari, pengunjung juga bisa memandangi bintang, karena atap kabin transparan.

Lokasi kabin yang strategis memang menjadi daya tarik. Apalagi pehobi kamping yang ingin merasakan kenyamanan di alam dengan teknologi modern. Bobocabin sangat cocok dijadikan tempat untuk self healing.

Untuk kenyamanan dan kemudahan pengunjung, setiap kabin dilengkapi berbagai fitur berbasis Internet of Things (IoT). Fitur yang paling menarik adalah smart window. Jendela kaca yang lebar itu bisa diatur transparan dan samar.

Selain itu, fitur lainnya antara lain mood lamps, dan Bluetooth Audio Speaker yang dapat dikendalikan langsung dari aplikasi di ponsel pengunjung. Kabin sudah dilengkapi sambungan internet nirkabel. Di pelataran kabin, terdapat fasilitas api unggun dengan beberapa kursi yang dibikin dari balok kayu.

Sandiaga pun mengajak beberapa koleganya untuk kamping bersama di TCR dan bermalam di Bobocabin, termasuk Anggota DPR RI, Sihar Sitorus.

“Pada kunjungan berikutnya, saya sudah berniat akan bermalam di Bobocabin. Kita akan buat api unggun di sana. Bersama Bro Indra Gunawan, dan Pak Henky Manurung dan Jangan lupa pak Antonius Bong. Dan Pak Sihar. Tapi Pak Sihar bisa kamping gak nih?,” tuturnya.

Indra, yang merupakan Direktur Utama PT Bobobox Mitra Terpadu mengatakan, sangat bangga dipercaya dan menjadi mitra Kemenparekraf dan BPODT, untuk melaunching Bobocabin signature di Danau Toba.

Ia berharap dengan produk baru yang memadukan alam dan teknologi, dapat menjadi solusi wisatawan sebagai destinasi tujuan wisata baru.

“Ini langkah inovatif yang dapat kita lakukan di tengah pandemi. Dan, kami berharap kedepannya akan semakin banyak inisiatif yang kita lakukan sebagai solusi pemulihan ekonomi pariwisata di Indonesia,” pungkas Indra.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi