8 Kabupaten di Kawasan Danau Toba Terima 10.000 Vial Vaksin Covid-19

8 Kabupaten di Kawasan Danau Toba Terima 10.000 Vial Vaksin Covid-19
Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Junimart Girsang bersama Bupati dan pejabat di kawasan Danau Toba saat penyerahan vaksin di Dolok Sanggul Humbahas, Minggu (8/8) (Analisadaily/Sarifuddin Siregar)

Analisadaily.com, Sidikalang - Sebanyak 8 kabupaten yang berada di kawasan Danau Toba memperoleh vaksin sinovac sebanyak 10.000 vial atau total untuk 800 ribu jiwa.

Wakil Ketua Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), Junimart Girsang mengatakan, ini hasil komunikasinya dan Bupati Humbahas, Dosmar Banjarnahor dengan Menko Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan.

Kata dia, tingginya lonjakan kasus Covid-19 hingga merenggut korban jiwa, mendapat atensi dan segera ditindaklanjuti.

"Setiap kabupaten dapat 10 ribu vial atau untuk 100 ribu orang. Saya harap vaksinasi sesegera mungkin dan tepat sasaran. Ini gratis, tidak boleh dilakukan pungutan," kata Junimart di rumah Dinas Bupati Humbang Hasundutan di Dolok Sanggul, Minggu (8/8).

Pemerintah daerah didorong melakukan refocussing anggaran untuk belanja alat kesehatan. Dengan demikian, pandemi cepat berakhir. Dukungan masyarakat berupa kepatuhan protokol kesehatan sangat dibutuhkan.

Dosmar membenarkan, hasil kerja tersebut. Bupati Samosir, Vandico Gultom, Bupati Karo, Corry Sebayang dan Bupati Simalungun, Radiapoh Sinaga dan Kepala Dinas Kesehatan Dairi, Ruspal Simarmata.

Radiapoh mengatakan, ketika menerima telepon seputar vaksin dimaksud, dia sekaja tak percaya. Bagaimana mungkin mendapat 10 ribu vial. Aplikasi dari pemerintah Sumut sebanyak 200 vial saja sudah dianggap luar biasa.

"Ternyata, kabar itu, benar adanya. Pelaksanaan vaksinasi di wilayahnya terbilang rendah. Kalau diminta 3000 vial paling-paling diberi 1000 vial," tuturnya.

Corry mengaku, angka itu cukup fantastis. Dia bangga dan terharu atas atensi Junimart dan Dosmar. Tanpa sungkan, Corry mengakui kerja keras kader PDI Perjuangan.

“Semoga pertemuan ini menjadi embrio guna menyatukan persepsi para Bupati di kawasan Danau Toba demi kesejahteraan rakyat,” kata Corry.

Kepala Dinas Kesehatan Humbahas, Sudung Silaban mengatakan, vaksin direncanakan dikirim, Senin (9/8) ke Dairi, Karo dan Simalungun didistribusikan via Bandara Kualanamu. Humbahas dan lainnya melalui Bandara Silangit.

(SSR/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi