26 Warga Indonesia Dievakuasi dari Afganistan

26 Warga Indonesia Dievakuasi dari Afganistan
Seorang anggota Taliban berjaga saat orang-orang berjalan di pintu masuk Bandara Internasional Hamid Karzai di Kabul, Afghanistan, (16/8/2021). (Antara/Reuters/Stringer/pri)

Analisadaily.com, Kabul - Sebanyak 26 warga negara Indonesia (WNI) dievakuasi untuk keluar dari Afghanistan, yang sedang dilanda krisis keamanan setelah pengambilalihan kekuasaan oleh kelompok Taliban.

"Alhamdullilah, Pemerintah Indonesia berhasil mengevakuasi WNI dari Kabul dengan pesawat TNI Angkatan udara," kata Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi di akun resmi Twitter- nya dilansir dari Antara, Jumat (20/8).

Kata Retno dalam cuitannya, pesawat TNI AU yang membawa para WNI yang dievakuasi dari Kabul, sudah berada di Islamabad, Pakistan untuk melanjutkan penerbangan ke Indonesia.

Tim evakuasi membawa keluar sebanyak 26 orang WNI termasuk staf KBRI Kabul, 5 warga Filipina, dan 2 warga Afghanistan, yakni suami dari WNI dan staf lokal KBRI Kabul.

Sebelumnya, Pemerintah Indonesia merencanakan evakuasi WNI dari Afghanistan, menyusul memburuknya situasi keamanan di negara itu setelah Ibu Kota Kabul diambil alih gerilyawan Taliban pada Minggu (15/8).

Pihak Kementerian Luar Negeri RI dan KBRI Kabul pun telah melakukan pertemuan secara virtual dengan para WNI di Afghanistan untuk memonitor kondisi dan menjelaskan langkah persiapan evakuasi.

Selain itu, Pemerintah Indonesia juga terus melakukan komunikasi dengan semua pihak di Afghanistan serta dengan perwakilan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) dan perwakilan asing lainnya di Afghanistan.

Selanjutnya, Pemerintah Indonesia mengharapkan penyelesaian masalah politik di Afghanistan tetap dapat dilakukan melalui proses Afghan-owned, Afghan-led, yakni dengan mengedepankan kepentingan rakyat Afghanistan dalam perdamaian dan melibatkan seluruh pihak internal di Afghanistan.

"Perdamaian dan stabilitas tentunya sangat diharapkan oleh masyarakat Afghanistan dan dunia internasional," bunyi pernyataan Kemlu RI.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi