Di Depan Kantor UNHCR, Seorang Pengungsi Afganistan Bakar Diri

Di Depan Kantor UNHCR, Seorang Pengungsi Afganistan Bakar Diri
Seorang pengungsi asal Afganistan melakukan aksi bakar diri di depan kantor Komisioner Tinggi untuk Pengungsi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) di Jalan Imam Binjol, Kota Medan, Selasa (30/11). (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Salah seorang pengungsi Afghanistan yang melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor UNHCR yang berada di Jalan Imam Bonjol Medan, nekat bakar diri, Selasa (30/11).

Koordinator pengungsi Afghanistan di Kota Medan, Muhammad Juma mengatakan, sebelum melakukan aksinya tersebut korban berinisial AS sudah menyiramkan minyak keseluruhan badannya.

"Sebelumnya dia menyiramkan minyak ke badannya dan membawa dua mancis dan kawannya sempat menangkap korban tapi tidak berhasil dan akhirnya dia membakar diri," katanya.

Juma menuturkan, pada saat api menjalar keseluruh tubuhnya, petugas keamanan yang berada di depan kantor UNHCR langsung memadamkan api dengan alat pemadam api.

"Api sudah dipadamkan sama sakuriti dengan alat pemadam api," ucapnya.

"Kondisi terbakar 70 persen dan sudah dibawa ke rumah sakit. Sekarang kondisinya sadar," sambung Juma.

Juma juga meminta kepada Pemerintah Indonesia untuk memperhatikan dan mencari solusi untuk pengungsi Afghanistan yang ada di Kota Medan dan daerah lain yang ada di Indonesia.

"Kami minta pemerintah Indonesia tolong cari solusi terbaik untuk pengungsi Afghanistan di semua Kota di Indonesia dan kami minta tolong sama IOM dan UNHCR untuk cari solusi yang terbaik untuk saudara-saudara kami ini dan sekarang dunia sudah tahu negara kami sudah tidak aman negara kami sudah diambil sama Taliban. Kami sudah adlda tiga solusi yakni balek ke negara, kedua kami kasih warga negara dan ketiga minta negara ketiga," pintanya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi