Menjangkau ke Pelosok, PT Pos Indonesia Regional 1 Salurkan 2,9 Juta BSB ke KPM

Menjangkau ke Pelosok, PT Pos Indonesia Regional 1 Salurkan 2,9 Juta BSB ke KPM
Beras untuk KPM yang disalurkan PT Pos Indonesia Regional I (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kementerian Sosial kembali melaksanakan program bantuan sosial untuk membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Salah satu programnya adalah Bantuan Sosial Beras (BSB).

Demi meringankan beban masyarakat yang terdampak PPKM, PT Pos Indonesia (Persero) Regional I mengerahkan ribuan pegawainya untuk menyalurkan Bantuan Sosial Beras (BSB).

Dengan jaringan dan sumber daya yang tersebar di seluruh wilayah di regional I, PT Pos Indonesia (persero) telah menyalurkan Bantuan Sosial Beras (BSB) kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sejak 22 Juli 2021 sebanyak 2.922.863.

“Sebanyak 1127 pegawai di regional 1 sumatera yang kita kerahkan untuk turut andil menyalurkan beras. Dan sejauh ini sebanyak 93 persen sudah direalisasikan sampai dengan 22 Agustus 2021,” kata Dino Ariyadi, Executive Vice President Regional I Sumatera PT Pos Indonesia, Senin (23/8).

BSB merupakan wujud jaring pengaman sosial khususnya masyarakat yang berdampak PPKM. Proses penyaluran di daerah 3 T (Daerah terdepan, terpencil dan tertinggal). Hal ini dimaksudkan agar proses salur lebih efektif, memudahkan dan meringankan KPM.

PT Pos Indonesia Regional 1 salurkan 2,9 juta BSB ke KPM (Analisadaily.com/Istimewa)
Sampai 22 Agustus 2021 bantuan beras yang sudah disalurkan PT Pos Indonesia (Persero) Regional 1 mencapai 2.922.863 paket, dengan rincian realisasi untuk Provinsi Aceh ada 403.829 KPM dengan progress sebesar 94,76%, Sumatera Utara ada 845.820 KPM dengan progress sebesar 88,80%, Sumatera Barat ada 305.292 KPM dengan progress sebesar 89,01%, Riau ada 288.121 KPM dengan progress 91,29%, Kepulauan Riau ada 65.414 KPM dengan progress 86,76%, Lampung ada 671.810 KPM dengan progress 99,26% dan Jambi ada 129.931 KPM dengan progress 97,44%.

PT Pos Indonesia (Persero) Regional I menyalurkan BSB ke kategori khusus, yaitu daerah pesisir dan pulau-pulau kecil, terpencil dan perbatasan antar negara, juga daerah yang memiliki keterbatasan akses geografis yang terdampak PPKM.

Adapun penyaluran beras tersebut yang masuk cluster tiga (daerah kepulauan, transportasi sulit dan jalanan rusak) meliputi desa Gunung Angkola Selatan di Tapanuli Selatan, desa Kuala Besar kecamatan Secanggang Kabupaten Langkat, Pulau Kampai Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat dan masih banyak lagi daerah yang termasuk daerah kepulauan dengan sulitnya transportasi dan jalanan rusak di wilayah regional I.

Para pejuang BSB harus melewati jalanan-jalanan yang rusak serta sulit dijangkau. Untuk melewati jalanan panjang dan terjal, para pejuang BSB harus mengorbankan jiwa, tenaga dan waktunya untuk menyalurkan kepada KPM agar tepat sasaran.

Adapun wilayah cakupan yang disalurkan PT Pos Indonesia (Persero) Regional I yaitu meliputi provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Jambi dan Lampung.

(HERS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi