Dosen Farmasi USU Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Pematang Ganjang

Dosen Farmasi USU Laksanakan Pengabdian Masyarakat di Pematang Ganjang
Pengabdian nasyarakat di Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, oleh dosen Fakultas Farmasi USU (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sei Rampah - Dosen Fakultas Farmasi Universitas Sumatera Utara melaksanakan pengabdian masyarakat di Desa Pematang Ganjang, Kecamatan Sei Rampah, Kabupaten Serdang Bedagai.

Kegiatan ini dilakukan dalam rangka pemenuhan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang rutin dilaksanakan setiap tahun.

Dalam pengabdian masyarakat kali ini mengangkat tema "Pemberdayaan Masyarakat Bantu Menekan Penyebaran Virus Corona Melalui Edukasi Pelatihan Pembuatan Sabun Cair Herbal".

Turut hadir Kepala Desa Pematang Ganjang, Sugiono dan tim kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang diketuai Henny Sri Wahyuni, S.Farm, M.Si, Apt dengan anggota Bayu Eko Prasetyo, M.Sc, Apt, Sri Yuliasmi S.Farm, M.Si, Apt dan Lia Laila, S.Farm, M.Sc, Apt dan dibantu beberapa mahasiswa Fakultas Farmasi USU dari Prodi Analis Farmasi dan Makanan, Sarjana Farmasi dan Profesi Apoteker.

"Kegiatan ini tak hanya dihadiri oleh ibu-ibu, juga para karang taruna dari masyarakat desa turut berpartisipasi. Pelaksanaan kegiatan menerapkan protokol kesehatan yang ketat," kata Henny, Kamis (26/8).

Kegiatan diawali dengan penyampaian materi oleh tim pengabdian masyarakat dan dilanjutkan pelatihan cara pembuatan sabun cair herbal menggunakan minyak atsiri dari tumbuhan yang bersifat sebagai antibakteri seperti bunga kenanga maupun jeruk.

"Selain dapat memberikan aromatheraphy pada saat penggunaan, juga dapat memberikan sifat antibakteri sehingga dapat memberikan efek sinergis sebagai antiseptik dalam membunuh kuman dan mengantisipasi penyebaran virus corona yang masih merebak hingga sekarang ini," jelasnya.

Masyarakat tampak antusias mengikuti pelatihan tersebut. Produk sabun yang dihasilkan dapat digunakan langsung oleh masyarakat Desa Pematang Ganjang.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi