Golkar Sumut Bedah 24 Rumah Warga, Airlangga Hartarto Beri Apresiasi

Golkar Sumut Bedah 24 Rumah Warga, Airlangga Hartarto Beri Apresiasi
Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di acara bedah rumah yang digagas Golkar Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Ketua Umum DPP Partai Golkar, Airlangga Hartarto, memberikan apresiasi kepada DPD Partai Golkar Sumut karena telah berkontribusi kepada masyarakat dengan melakukan bedah terhadap puluhan rumah warga.

Menurut Airlangga, apresiasi ini perlu diberikan, karena manfaatnya sangat dirasakan oleh masyarakat terutama menjadikan rumah layak huni.

"Yang dilakukan DPD Provinsi Sumut perlu diapresiasi karena ini seluruhnya adalah program swakelola dan inisiatif tanpa menggunakan anggaran negara," ungkapnya, dalam keterangan diperoleh Jumat (10/9).

Airlangga sendiri telah melihat langsung hasil bedah rumah yang berada di Desa Regemuk Kecamatan Pantai Labu, Kabupaten Deli Serdang, Kamis (9/9). Dia menyebutkan, masyarakat di sana juga sangat mengapresiasi karena bukan satu rumah yang di bedah.

"Bahkan ada masyarakat yang terharu karena rumahnya tidak layak huni, tapi dengan program yang dilakukan Partai Golkar mereka sangat terbantu," jelasnya.

Memang, lanjut Airlangga, dalam kegiatannya, Golkar selalu melakukan bakti sosial terutama dalam situasi pandemi Covid-19 ini. Dia mengaku pihaknya menyadari masyarakat menghadapi hal yang sulit sehingga bantuan termasuk pembagian sembako perlu dilakukan di seluruh wilayah.

Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah menambahkan, jika saat bini untuk program bedah rumah telah selesai 24 unit, masing-masing 5 di Kabupaten Deliserdang, 4 di Serdang Bedagai, 8 di Batubara, 4 di Tapanuli Tengah, dan 3 di Kota Sibolga.

Musa Rajekshah atau yang akrab disapa Ijeck melanjutkan, hal ini dilakukan karena Partai Golkar memang merasa perlu untuk hadir di tengah masyarakat untuk berkegiatan sosial.

"Kami punya target setiap tahun harus ada peningkatan untuk bedah rumah. Insya Allah tahun ini targetnya mau 70 dan ini 24 sudah terlaksana dan akan menyusul beberapa daerah lagi begitu juga tahun depan," paparnya.

Adapun daerah yang akan menyusul, diakuinya adalah Kepulauan Nias, Tanjung Balai, dan Tapanuli Utara yang sudah masuk daftar bedah rumah. Dia menerangkan, kriteria rumah itu adalah rumah yang sangat layak dibantu, namun harus memiliki tanah sendiri, baik dengan surat desa atau apapun yang menyatakan kepemilikannya.

"Jika kita lihat layak mendapatkan program itu maka kita bantukan. Dalam program rumah ini kita tidak hanya bangun rumah tapi juga akan kita sertifikatkan di BPN. Nanti ketua DPD di daerahnya sudah kita minta untuk membantu itu," tandasnya.

Selain bedah rumah, Musa Rajekshah menambahkan, DPD Partai Golkar Sumut saat ini juga banyak melakukan kegiatan sosial. Antara lain berkegiatan rutin membagikan sembako dan nasi bungkus kepada warga, di mana nasi itu dibeli dari masyarakat untuk menggerakan perekonomian UMKM.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi