Kalapas Kelas II-A Pematangsiantar Tinjau Kegiatan Edukasi

Kalapas Kelas II-A Pematangsiantar Tinjau Kegiatan Edukasi
Peninjauan (Analisadaily/Fransius Simanjuntak)

Analisadaily.com, Simalungun - Kalapas Kelas II-A Pematangsiantar, Rudy Fernando Sianturi, meninjau kegiatan kerja berupa budi daya ikan lele dan nila pada kolam terpal bundar, serta budi daya ikan gurami dan mas pada kolam konvensional.

Kemudian budi daya tanaman pepaya tumpang sari dengan tanaman cabai dan terong boga di pekarangan Lapas Kelas II-A Pematangsiantar, Jalan Asahan, Kabupaten Simalungun.

"Ini merupakan program pembinaan dan kegiatan kerja sebagai sarana asimilasi dan edukasi bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), terutama yang tidak berapa lama lagi akan bebas dan kembali berbaur (integrasi) dengan keluarga dan masyarakat," kata Rudy, Jumat (10/9).

Dengan bekal pembinaan kemandirian yang diperoleh selama menjalani masa pidana, diharapkan WBP akan menjadi manusia yang aktif dan produktif, serta tidak akan mengulangi lagi perbuatan melanggar hukum.

"Saya berharap dengan kegiatan pembinaan sarana asimilasi dan edukasi ini warga binaan kami mampu mengaplikasi kan kegiatan ini sebagai bekal dalam mencari kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya," ucap Kalapas.

Dirinya juga berterima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi dalam program pembinaan, baik Kementerian Perikanan, Dinas Perikanan, sebagai pihak eksternal maupun jajaran seksi kegiatan kerja sebagai pihak internal.

"Kegiatan pembinaan ini juga terdapat produksi ulos tenun, menjahit, merajut, pangkas, salon di blok wanita, pembuatan roti, pembuatan miniatur dan bengkel kerja, juga sektor pertanian dengan cara memanfaatkan lahan kosong di seputaran branggang Lapas," Kalapas menandaskan.

(FHS/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi