Pembentukan Unit Kerja Kanim Sibolga di Mandailing Natal Terus Dikebut

Pembentukan Unit Kerja Kanim Sibolga di Mandailing Natal Terus Dikebut
Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang, berkunjung ke Kantor Bupati Mandailing Natal dan disambut hangat Wakil Bupati Atika Azmi Utammi (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Mandailing Natal - Pembentukan Unit Kerja Kantor (UKK) Imigrasi Sibolga di Kabupaten Mandailing Natal terus dikebut. Hal ini terlihat saat Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang, berkunjung ke Kantor Bupati Mandailing Natal dan disambut hangat oleh Wakil Bupati Atika Azmi Utammi.

Dalam pertemuan tersebut, Saroha memperkenalkan diri dan merasa bangga dapat bertemu dengan Wakil Bupati pemegang 2 rekor MURI.

"Ini merupakan pertemuan pertama sejak Wakil Bupati dilantik bulan Juli 2021. Saya sangat terkesan dan berharap agar kolaborasi yang harmonis antara Imigrasi Sibolga dan Pemkab Mandailing Natal dapat terus terjalin," kata Saroha, Minggu (19/9).

Tidak lupa Saroha menjelaskan kepada Atika tentang sejauh mana progres yang telah berjalan, dan langkah ke depan terkait pembentukan UKK di Mandailing Natal.

Dijadwalkan minggu depan akan dilaksanakan rapat secara virtual antara Pemkab Mandailing Natal dengan Direktorat Jenderal Imigrasi, Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, dan Kantor Imigrasi Sibolga dengan agenda pembahasan tentang Perjanjian Kerja Sama (PKS).

Jika pembahasan PKS selesai, selanjutnya tinggal menentukan jadwal penandatanganan PKS, konfigurasi jaringan/kesisteman, dan setelah itu tinggal diresmikan.

Saroha menuturkan, pembentukan UKK di Mandailing Natal telah memasuki tahap akhir, dan diyakini dapat beroperasi tahun ini sebagai bukti nyata negara hadir di tengah masyarakat.

"Kondisi pandemi tidak menyurutkan semangat untuk mengabdi dan berkarya memberikan pelayanan terbaik khususnya kepada masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal," ungkapnya.

Atika menyampaikan penghargaan dan apresiasi atas kolaborasi yang telah terjalin dengan Imigrasi Sibolga. Dengan hadirnya UKK, tidak hanya masyarakat di Kabupaten Mandailing Natal saja yang akan merasakan manfaatnya. Masyarakat di Kabupaten tetangga seperti Padanglawas dan Padanglawas Utara juga akan merasakan manfaatnya.

"Bukan tidak mungkin seluruh masyarakat di Tabagsel nantinya akan mengurus paspor di UKK Mandailing Natal," ucapnya.

Atika juga menyampaikan pengalaman pribadi saat mengurus paspor beberapa tahun silam di Kantor Imigrasi Sibolga. Atika menuturkan harus berangkat subuh karena memikirkan jarak tempuh yang sangat jauh, ditambah lagi saat itu belum ada aplikasi antrean online seperti sekarang ini.

"Saya menghabiskan waktu seharian dan tentunya merugikan baik dari segi waktu maupun biaya," ujarnya.

Di akhir pertemuan Saroha dan Atika berbincang santai, berbagi cerita nostalgia dan pengalaman saat keduanya pernah berada di Australia.

Tampak hadir dalam pertemuan tersebut Asisten 2 Pemkab Mandailing Natal, Erman Gafar, Plt. Kepala BPKAD, Sahnan Pasaribu, dan Kabid Aset Armin Harahap.

Sementara itu Kepala Kantor Imigrasi Sibolga didampingi Kepala Seksi Intelijen dan Penindakan Keimigrasian, Andi Febri Rinaldhi, dan Kepala Seksi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Edy Wiranta Ginting.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi