HNSI Deliserdang Apresiasi Tokoh Berjasa Terhadap Nelayan

HNSI Deliserdang Apresiasi Tokoh Berjasa Terhadap Nelayan
Apresiasi tokoh berjasa terhadap nelayan (Analisadaily/Amirul Khair)

Analisadaily.com, Percut Seituan - Sebagai bentuk penghargaan atas jasa mereka terhadap nelayan, Dewan Pengurus Cabang (DPC) Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Deliserdang, mengapresiasi 5 tokoh dengan memberikan plakat yang diserahkan pada kegiata kenduri nelayan, Selasa (28/9) di Warung Kembar Seafood, Desa Baganpercut, Kecamatan Percut Seituan.

Adapun 5 tokoh penerima penghargaan tersebut yakni, Tengku Akhmad Thalaa, Erwin N Pelos dan Rakhmadsyah. Ketiganya merupakan tokoh yang dinilai berjasa terhadap nelayan dan pernah mengemban amanah sebagai Ketua HNSI Deliserdang pada periode sebelumnya.

Dua tokoh lainnya yang juga mendapatkan penghargaan serupa yakni, Syamsr Rahman dan Syarif. Keduanya juga dinilai telah berjasa terhadap nelayan terlebih keduanya merupakan tokoh yang melakoni diri sebagai nelayan yang mencari kehidupan dari kekayaan laut.

“Para tokoh yang kita apresiasi sangat layak menerima penghargaan dari HNSI Deli serdang. Mereka adalah orang-orang hebat yang telah berjasa terhadap nelayan khususnya di Deliserdang ini,” ungkap Kamaruzzaman.

Nelayan di Deliserdang di hadapkan dengan banyak permasalahan. Sektor perekonomian menjadi masalah klasik yang sampai kini belum berakhir terlebih masa pandemi. Tingat kesejahteraan nelayan menjadi diskusi panjang yang tidak terkait satu sektor kebijakan, tapi banyak aspek yang harus dibenahi.

Masalah lain juga terkait konflik antarnelayan itu sendiri yang sering menimbulkan masalah sosial baru. Dan tak jarang masalah ini berujung kepada ranah hukum sehingga dampaknya justru menyulitkan kehidupan nelayan itu sendiri bahkan merambat kepada kelurga.

Karena itu HNSI Deliserdang di bawah kepempinannya terang Kamaruzzaman, berupaya mengangkat martabat nelayan agar lebh sejahtera dan bisa hidup dalam kerukunan sejalan dengan visi pembangunan Kabupaten Deliserdang menjadi daerah yang maju dan sejahtera dengan masyarakatnya yang religius serta rukun dalam kebinekaan.

Penyerahan penghargaan tersebut turut disaksikan Bupati Deliserdang, Ashari Tambunan diwakili Kepala Dinas Perikanan, Syarifah Alawiyah, Ketua DPD HNSI Sumatera Utara, Zulfahri Siagian, Ketua DPRD Deli Serdang Zakky Syahry diwakili Kustomo dan sejumlah undangan.

(AK/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi