Sambangi Imigrasi Sibolga, Jamil: Perubahannya 360 Serajat

Sambangi Imigrasi Sibolga, Jamil: Perubahannya 360 Serajat
Kunjungan ke Kantor Imigrasi Sibolga (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Sibolga - Kepala Kantor Imigrasi Sibolga, Saroha Manullang, menerima kunjungan kerja Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori, di ruang kerjanya.

Dalam pertemuan tersebut turut hadir Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kota Sibolga, Sanco Manullang, beserta 3 orang staf dan perwakilan awak media Sibolga-Tapteng.

Saroha menyampaikan rasa bangga dan berterima kasih atas kunjungan Pimpinan DPRD Kota Sibolga ke Kantor Imigrasi Sibolga.

Salah satu fokus utama saat ini adalah pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Imigrasi Sibolga merupakan salah satu satuan kerja yang diusulkan ke Tim Penilai Nasional MenpanRB.

"Kami mohon dukungan dan masukan dari DPRD kota Sibolga demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," kata Saroha, Sabtu (16/10).

Lanjut Saroha, perubahan yang dilakukan tidak hanya berupa fisik bangunan dan ruangan pelayanan semata, namun jauh lebih penting dari itu adalah membangun pola pikir dan komitmen seluruh jajaran.

Komitmen yang dibangun untuk meninggalkan paradigma lama dan berorientasi melayani tanpa pamrih sesuai dengan motto Imigrasi Sibolga Melayani Sepenuh Hati.

"Saya pastikan seluruh pegawai di Imigrasi Sibolga bebas dari pungutan liar dan gratifikasi," ungkapnya.

Disampaikannya, beberapa waktu lalu telah mengundang narasumber dari BPJS Ketenagakerjaan dan melaksanakan kegiatan In House Training, yaitu memberikan pelatihan budaya pelayanan prima kepada seluruh jajaran.

"Dengan penerapan Budaya 3S (Senyum, Salam, Sapa) serta cara berkomunikasi yang humanis kepada masyarakat sebagai pengguna layanan, diharapkan petugas kami dapat memberikan pelayanan terbaik setiap saat," kata Saroha.

Beberapa inovasi yang dipaparkan oleh Saroha antara lain Horas (Hampiri Orang Sakit, Baper (BAP Paspor Sehari), Mesra (Melayani Saat Istirahat), Adanya Kompensasi Layanan Paspor diantar ke rumah jika melebih batas waktu penyelesaian.

Kemudian pelayanan eazy passport yang sudah dilakukan ke beberapa tempat diluar kantor imigrasi, serta rencana pembangunan UKK di Mandailing Natal.

Wakil Ketua DPRD Kota Sibolga, Jamil Zeb Tumori, menyampaikan rasa bangga dan kagum atas beberapa capaian yang telah dilakukan Imigrasi Sibolga di masa kepemimpinan Saroha Manullang.

Lanjut Jamil, Kehadiran Imigrasi Sibolga saat ini menarik perhatian apalagi sejak diluncurkannya Jingle Imigrasi Sibolga, beberapa waktu lalu.

Selain memberikan gambaran semangat melayani sepenuh hati, beberapa potensi yang ada di Kota Sibolga juga turut ditampilkan dalam jingle tersebut.

"Saya mendukung Imigrasi Sibolga meraih predikat Wilayah Bebas dari Korupsi," katanya.

Selepas pertemuan, Jamil Zeb Tumori, Sanco Manullang beserta 3 orang staf BPJS Ketenagakerjaan dan perwakilan awak media berkeliling melihat ruang pelayanan dan segala fasilitas yang ada di Kantor Imigrasi Sibolga.

Di antaranya ruangan media centre, ruang pelayanan yang nyaman, ruang tunggu prioritas bagi lansia, ibu hamil dan disabilitas, ruang foto dan wawancara yang transparan, taman bermain anak, ruang laktasi, layanan pengaduan.

Kemudian kacamata baca, pojok baca, makanan dan minuman gratis bagi pemohon, lemari gratifikasi, wifi gratis, alat bantu bagi kelompok rentan, jalur disabilitas, serta adanya duta layanan yang selalu siap melayani pemohon.

Di akhir kunjungannya Jamil merasa kagum dan tidak menyangka kondisi sekarang sudah jauh berbeda. Ini bisa menjadi contoh untuk instansi lain di Kota Sibolga dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat.

"Perubahannya 360 derajat," tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi