PBB Kepada G20: Cegah Kelaparan Massal di Afganistan

PBB Kepada G20: Cegah Kelaparan Massal di Afganistan
Warga Afganistan (AFP/Oriane Zerah)

Analisadaily.com, New York - Kepala kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Martin Griffiths, menyampaikan pesan kepada para pemimpin G20 ekonomi terbesar dunia yang bertemu akhir pekan ini. Ia khawatirkan tentang keruntuhan ekonomi Afghanistan dan setengah dari populasi berisiko tidak memiliki cukup makanan untuk dimakan karena salju sudah mulai turun.

"Kebutuhan di Afghanistan meroket," kata Griffiths dalam sebuah wawancara dengan The Associated Press pada Jumat (29/10).

"Setengah dari anak-anak Afghanistan di bawah usia lima tahun berisiko kekurangan gizi akut dan ada wabah campak di setiap provinsi yang merupakan "lampu merah" dan "burung kenari di tambang" untuk apa yang terjadi di masyarakat," kata dia.

Griffiths memperingatkan, kerawanan pangan menyebabkan kekurangan gizi, kemudian penyakit dan kematian, dan tidak adanya tindakan korektif dunia akan melihat kematian di Afghanistan.

Dia mengatakan, Program Pangan Dunia memberi makan 4 juta orang di Afghanistan sekarang, tetapi PBB memperkirakan bahwa karena kondisi musim dingin yang mengerikan dan keruntuhan ekonomi, ia harus menyediakan makanan hingga tiga kali lipat dari jumlah itu 12 juta orang Afghanistan dan itu besar sekali.

WFP pekan ini meminta US$200 juta untuk membiayai operasinya hingga akhir tahun, dan Griffiths mendesak negara-negara yang menangguhkan bantuan pembangunan untuk Afghanistan setelah pengambilalihan Taliban pada 15 Agustus, termasuk Amerika Serikat dan negara-negara Eropa, untuk mentransfer uang itu untuk sangat membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Dia mencatat, Uni Eropa telah mengalihkan sekitar € 100 juta untuk pekerjaan kemanusiaan, dan AS mengumumkan lebih dari US $ 144 juta dalam bantuan kemanusiaan pada hari Kamis, meningkatkan total bantuannya kepada warga Afghanistan di negara itu dan pengungsi di wilayah tersebut menjadi hampir US $ 474 juta pada tahun 2021.

Griffiths mengatakan, krisis saat ini adalah akibat dari dua kekeringan besar dalam beberapa tahun terakhir, gangguan layanan selama konflik antara Taliban dan pemerintah Afghanistan dan runtuhnya ekonomi.

“Jadi, pesan yang akan saya sampaikan kepada para pemimpin G 20 adalah kekhawatiran akan keruntuhan ekonomi di Afghanistan, karena itu tentu akan berdampak eksponensial di kawasan itu,” katanya.

“Dan isu spesifik yang saya akan meminta mereka untuk fokus pertama, adalah masalah mendapatkan uang tunai ke dalam perekonomian di Afghanistan, bukan ke tangan Taliban ke tangan orang-orang yang akses ke rekening bank mereka sendiri tidak tersedia, beku," ujarnya.

Kata Griffiths, juga penting petugas kesehatan garis depan, guru, dan lainnya mendapatkan gaji mereka. Banyak ide sedang didiskusikan dengan semakin mendesaknya untuk mendapatkan likuiditas ke pasar dan pesannya adalah bahwa tanggapan mendesak diperlukan tahun ini, bukan musim semi mendatang.

Di antara ide-idenya adalah secara fisik mengambil uang tunai ke Afghanistan, yang menurut Griffiths memiliki "banyak kesulitan", dan menggunakan mata uang lokal Afghanistan.

Tapi masalahnya adalah bagaimana membuat para pedagang menyediakan Afghanistan dengan aman untuk digunakan organisasi kemanusiaan, dan mereka mungkin hanya akan melakukan itu jika mereka berpikir bahwa mereka bisa mendapatkan mata uang eksternal untuk orang-orang Afghanistan itu.

KTT G20 pada hari Sabtu dan Minggu berlangsung di Roma.

Griffiths memperingatkan efek eksponensial dari keruntuhan ekonomi, mengatakan kekhawatiran pertama adalah bahwa jika orang tidak mendapatkan layanan, makanan, sekolah untuk anak-anak mereka dan perawatan kesehatan, mereka akan pindah, baik di dalam negeri atau melarikan diri dari Afghanistan untuk bertahan hidup.

Kekhawatiran kedua, katanya, adalah meningkatnya masalah terorisme, dan itu adalah sesuatu yang biasanya berkembang biak di saat ketidakpastian dan di saat penderitaan.

“Dan itu akan menjadi warisan yang mengerikan untuk mengunjungi semua orang Afghanistan,” kata Griffiths.

“Sejauh ini, saya pikir kita hanya menahan napas tentang stabilitas negara dan berbicara setiap hari dengan Taliban tentang apa yang perlu mereka lakukan, misalnya, untuk memastikan bahwa perempuan dan anak perempuan memiliki hak-hak mereka," tambahnya.

Wakil Sekjen Urusan Kemanusiaan mengatakan Taliban perlu memastikan hak-hak perempuan dan anak perempuan karena itu bagian dari menstabilkan Afghanistan.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi