TANJAK Kabupaten Langkat Gelar Kegiatan Diskusi Publik

TANJAK Kabupaten Langkat Gelar Kegiatan Diskusi Publik
Diskusi publik yang digelar TANJAK Kabupaten Langkat ()

Analisadaily.com, Stabat - Kelompok Studi Transparansi, Jujur dan Akuntable (TANJAK) Kabupaten Langkat menggelar diskusi publik di sebuah kafe Jalan Proklamasi, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Sabtu (6/11).

Kegiatan dengan tema partisipasi masyarakat sebagai kontrol penggunaan anggaran itu menghadirkan Dewan Fakar FIRTA Sumut Anwar Siregar dan Direktur FITRA Sumut Yeni Chairiah Rambe. Sementara peserta berasal dari kalangan mahasiswa.

Dewan Pakar FITRA Sumut, Anwar Siregar, mengatakan kegiatan sadar anggaran yang diselenggarakan oleh Tanjak sangat bermanfaat bagi pemerintah dan masyarakat.

Kontribusi bagi masyarakat dari kegiatan ini adalah untuk menyadarkan tentang hak dalam keterlibatan proses penyusunan perencanaan dan anggaran publik serta menyadarkan kewajiban bagi masyarakat terkait kontribusi terhadap pajak dan retribusi serta merawat infrastruktur atau belanja publik yang sudah diadakan dari anggaran publik.

"Kita perlu mendukung kegiatan serupa untuk dilakukan oleh kelompok masyarakat dan saya sangat menghargai adanya kelompok anak anak muda yang mau peduli pada kebijakan anggaran," ujar Anwar.

Koordinator Kelompok Studi TANJAK Khairul Ramadhan mengatakan kegiatan tersebut digelar untuk mensosialisasikan peran masyarakat terhadap kontrol Penggunaan Anggaran, baik itu APBDes maupun APBD.

"Ke depan Insya Allah kami akan menggelar diskusi diskusi mengenai teori dan proses-proses penganggaran lengkap dengan cara menganalisisnya, diharapkan masyarakat Kabupaten Langkat akan semakin sadar, bahwa ada hak-haknya yang harus diperjuangkan dan wajib dicover pemerintah dalam suatu anggaran belanja semisal APBDes maupun APBD," pungkas Khairul.

(HPG/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi