Sandiaga Uno: Kuliner Medan Harus Terus Berinovasi, Jadi Andalan Ekonomi Bangkit

Sandiaga Uno: Kuliner Medan Harus Terus Berinovasi, Jadi Andalan Ekonomi Bangkit
Sandiaga Uno saat mencicipi kopi khas Medan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan – Sektor kuliner menjadi andalan untuk Kota Medan, namun tentunya walaupun sudah terkenal masih perlu peningkatan atau inovasi guna semakin membuat kuliner Medan menjadi yang terdepan.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengatakan, sektor kuliner menjadi poin penting dalam Kegiatan Workshop KaTa Kreatif Indonesia. Dia menegaskan, ekonomi kreatif khususnya di bidang kuliner menjadi prioritas yang didukung penuh oleh Kemenparekraf/Baparekraf.

“Di Medan sektor kuliner yang menjadi poin penting untuk ditingkatkan kembali, sehingga bisa menjadi pendukung pariwisata di Medan,” katanya, Senin (8/11) kemarin.

Menurutnya, saat ini begitu banyak produk kuliner khas yang dimiliki kota ini seperti bika ambon, mi balap dan lain sebagainya. Ragam produk kuliner yang sudah ada telah dipasarkan secara konvensional, namun dikarenakan kondisi saat ini telah berubah, teknologi sangat bisa membantu untuk mencapai pasar yang lebih luas.

Strategi pemasaran yang paling efektif saat ini adalah secara digital/online. Karenanya dalam Workshop kali ini juga menghadirkan seorang pakar yang diharapkan bisa membantu mengembangkan kuliner di Medan

Seperti diketahui, program Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia merupakan program yang dilaksanakan sejak tahun 2016 dan menjadi bagian dari strategi pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif Indonesia sebagaimana diamanatkan dalam Perpres Nomor 142 Tahun 2018 mengenai Rencana Induk Pengembangan Ekonomi Kreatif Nasional.

Program ini bertujuan untuk menggali, memanfaatkan, menumbuhkembangkan, mengelola, dan mengkonservasi kreativitas para pelaku ekonomi kreatif dalam mendorong pemanfaatan teknologi, seni, dan budaya untuk mengembangkan potensi subsektor ekonomi kreatif yang menjadi unggulan di Kabupaten/Kota.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi