Serapan APBD Padang Lawas 2021 Masih Minim

Serapan APBD Padang Lawas 2021 Masih Minim
Kantor BPKAD Padang Lawas (Analisadaily/Atas Siregar)

Analisadaily.com, Sibuhuan - Serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Padang Lawas tahun anggaran 2021 baru mencapai Rp 624 miliar dari pagu anggaran Rp 1,1 triliun.

"Sampai saat ini realisasi atau serapan APBD baru kisaran 54,5 persen per 17 November," kata Kabid Perbendaharaan BPKAD Padang Lawas, Fajar Hasibuan, Kamis (18/11).

Fajar menjelaskan serapan APBD tersebut belum termasuk realisasi Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Dana Desa dan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Menurutnya ketiga pos angaran itu tercatat dalam APBD, namun uangnya langsung ditransfer ke rekening masing-masing pengguna anggaran.

"Jadi sampai saat ini realisasi secara keseluruhan dari tiga mata anggaran itu belum bisa diupdate data realisasinya. Kita masih terus melakukan koordinasi," sebutnya.

Fajar mengungkapkan alasan lain minimnya realisasi anggaran karena perubahan APBD 2021 belum ada yang terealisasi.

"Saat ini masih lagi proses pemindahan data dari SIPD ke Simda. Karena penatausahaan keuangan kita masih menggunajan Simda. Sedangkan SIPD belum lengkap penatausahaannya," jelas Fajar.

Sebelumnya Mendagri Tito Karnavian telah menegur sejumlah kepala daerah di Sumatera Utara akibat masih minimnya serapan anggaran yang dibelanjakan.

(ATS/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi