Bersama Rakyat, RHS-ZW “Marharoan Bolon” Membangun Simalungun

Bersama Rakyat, RHS-ZW “Marharoan Bolon” Membangun Simalungun
Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) menerima piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) atas pencapaian rekor “Perbaikan dan Pembangunan Jalan Swadaya Terpanjang dalam 100 Hari Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati (Analisadaily/Istimewa)

BUPATI Kabupaten Simalungun Radiapoh Hasiholan dan Wakil Bupati Kabupaten Simalungun HZonnyWaldi, SSos, MM (RHS-ZW) menerapkan konsep “marharoanbolon” (gotong-royong) dalam membangun Kabupaten Simalungun. Dalam Rapat Koordinasi Pemerintah, beberapa waktu lalu Radiapoh Hasiholan Sinaga mengajak pimpinan OPD, para camat, pangulu dan lurah,serta seluruh elemen masyarakat untuk “marharoan bolon”. Dengan “marharoan bolon”, kata bupati, apa pun permasalahan yang dihadapi akan mendapatkan penyelesaian dengan baik. ′

"Mari kita bersatu untuk memajukan Kabupaten Simalungun yang sama-sama kita cintai ini," kata bupati.

Komitmen “marhoroan bolon” ini dilaunching bupati sebagai konsep membangun Simalungun yang berkelanjutan. Didampingi Wakil Bupati,H Zonny Waldi SSos MM dan Ketua TP PKK, Ny Radiapoh Hasiholan Sinaga, launching pelaksanaan program “marharoan bolon”, ditandai dengan melakukan penimbunan di jalan yang rusak, di Huta Banua, Nagori Purba Sipinggan, Kecamatan Purba. Jalan tersebut merupakan penghubung Huta Banua Nagori Purba Sipinggan dengan Huta Banua Bandar Purba, Nagori Bandar Sauhur Kecamatan Purba.

Pascapencanangan “marharoanbolon” membangun Simalungun, Pemkab Simalungun juga langsung menggelar rapat koodinasi (rakor) program gerakan “marharoan bolon” membangun Simalungun, di Balei Harungguan Djabanten Damanik, Kantor Bupati Simalungun, Pamatang Raya, Senin 27 Mei 2021. Rapat tersebut dipimpin Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga didampingi Kapolres Simalungun, Dandim 0207/Simalungun, Sekda dengan peserta rapat para pimpinan OPD di jajaran Pemkab Simalungun, camat, Kapolsek dan Danramil se-Kabupaten Simalungun. Program “marharoan bolon” membangun Simalungun yang diinisiasi bupati itu pun mendapat dukungan dari Forkopimda. Hal itu terungkap saat Kapolres dan Dandim menyampaikan sambutannya dalam rapat tersebut. Keduanya senada menyampaikan bahwa pihaknya mendukung program “marharoan bolon” membangun Simalungun.

Semangat “marharoan bolon” pun mendapat respons positif dari kalangan masyarakat. Tingkat kesadaran untuk “membumikan” kembali rasa kebersamaan membangun Kabupaten Simalungun, diwujudkan masyarakat Nagori Togu Domu Nauli, Kecamatan Dolok Pardamean.Respons positif terhadap gerakan ini, juga dilaksanakan masyarakat Nagori Buttu Turunan, Kecamatan Hatonduhan, melalui kegiatan memperbaiki jalan yang kondisinya sangat memprihatinkan di nagori itu.

Menurut Camat Hatonduhan, Drs Zocson Midian Silalahi MPd, jalan yang diperbaiki adalah jalan alternatif menuju kawasan wisata Danau Toba sepanjang sekitar 13 kilometer dengan rincian 5 kilometer di Nagori Buntu Turunan dan 8 kilometer di Nagori Bosar Nauli. Bersama dengan itu, masyarakat Kecamatan Bandar Masilam dan Kecamatan Gunung Malela juga melaksanakan kegiatan marharoan bolon memperbaiki jalan di wilayahnya masing-masing.

Dari kecamatan ke kecamatan lainnya, semangat “marharoan bolon” untuk membangun Kabupate Simalungun lebih maju, lebih baik dan rakyatnya sejahtera, akan terus digaungkan.Sasaran utama dalam program tersebut adalah mengatasi kerusakan jalan di wilayah Kabupaten Simalungun.

"Konsep marharoan bolon ini suatu kajian, rangkaian seperti apa kita buat untuk membangun kampung halaman yang sama-sama kita cintai ini, " kata bupati.

Bupati meminta para camat untuk segera melakukan inventarisasi kondisi jalan yang sangat membutuhkan penanganan, agar dapat segera ditanggulangi sehingga jalan tersebut layak untuk dijalani kendaraan.

"Programkan kegiatan marharoan bolon ini di wilayah masing-masing. Segara lakukan rapat dengan para pangulu, kepala dusun, tokoh masyarakat untuk membahas tentang pelaksanaan marharoan bolon di nagori masing-masing dengan membentuk kepanitiaan," ujarnya.

LAUNCHING PROGRAM:Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) Didampingi Wakil Bupati,H Zonny Waldi S.Sos, MM launching program “marharoan bolon”, ditandai dengan penimbunan baru jalan rusak, di Kecamatan Purba.
Sikap Camat

Camat Dolok Panribuan, Septiaman Purba STP, menyampaikan, di wilayah Kecamatan Dolok Paribuan bersama masyarakat, TNI dan Polri, dengan Dinas PUPR Provinsi memperbaiki jalan mulai dari Nagori Gunung Mariah, Dolok Pamonangan dan Marihat Marsada sekitar 8 kilometer, yang merupakan jalan strategis menghubungkan mulai dari Kecamatan Tanah Jawa, Dolok Panribuan menuju objek wisata nasional Danau Toba yang kondisinya cukup memprihatinkan.

Menurut Camat Gunung Malela kegiatan gotong royong tersebut merupakan tindak lanjut dari program gerakan merharoan bolon membangun Simalungun yang diinisiasi oleh Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga SH dan telah dicanangkan oleh bupati beberapa minggu lalu di Kecamatan Purba.

"Sebelumnya kami juga telah melaksanakan kegiatan gotong royong memperbaiki jalan yang rusak di beberapa nagori seperti di Nagori Margo Mulyo, Serapuh, Silulu, Dolok Malela, Bangun, Senio dan Pamatang Gajing," terang Andi.

Budaya gotong royong (haroan bolon) di tengah-tengah masyarakat Kabupaten Simalungun terus bergema, setelah dicanangkannya program haroan bolon membangun Simalungun oleh Bupati Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga SH. Di setiap nagori/desa di wilayah Tanoh Habonaron Do Bona ini, kegiatan haroan bolon berjalan dengan baik dan langsung dikoordinir masing-masing kecamatan dengan melibatkan seluruh elemen masyarakat.

Sebagai sasaran utama kegiatan haroan bolon ini adalah mengatasi kerusakan jalan-jalan yang ada di wilayah Kabupaten Simalungun.

Menyahuti program haroan bolon yang digagas Bupati Simalungun itu, masyarakat di Huta 5 Nagori Moho Kecamatan Jawa Maraja Bah Jambi Kabupaten Simalungun melaksanakan haroan bolon.Masyarakat Nagori Moho membersihkan parit jalan, yang selama ini tertimbun tanah sehingga air tidak dapat mengalir dengan normal, apalagi saat hujan deras air melimpah sampai ke badan jalan.Pelaksanaan gotong royong itu merupakan swadaya masyarakat bersama perangkat nagori.

Sementara itu, di hari yang sama masyarakat Nagori Pariksabungan, Kecamatan Dolok Pardamean juga melaksanakan kegiatan marharoan bolon memperbaiki jalan yang kondisinya sangat memprihatinkan. Jalan yang diperbaiki masyarakat bersama perangkat kecamatan dan nagori di tiga titik di Huta 1 Simpang Panglong Nagori Pariksabungan.

Mereka menutup lubang yang berada di jalan penghubung Simpang Raya-Tigaras. Material yang digunakan berupa pasir dan batu (sertu) 4 truk atas swadaya masyarakat. Kegiatan dihadiri Camat Dolok Pardamean, Rulianto Girsang SPsi, M.Si.

Ketua DPRD Simalungun, Timbul Jaya Sibarani, S.H M.H mengatakan konsep yang diinisiasi Bupati ini harus kita dukung karena di tengah pandemi Covid-19 saat ini, keuangan pemerintah sangat terbatas. "Ini konsep luar biasa, yang dilakukan Bupati dengan menggali budaya gotong royong dalam memperbaiki infrastruktur jalan dan kami siap mendukung," katanya.

Rekor MURI

Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) menerima piagam penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indone-sia (MURI) atas pencapaian rekor “Perbaikan dan Pembangunan Jalan Swadaya Terpanjang dalam 100 Hari Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Simalungun di Rumah Dinas Wakil Bupati Simalungun.

“Saya bersama wakil bupati akan terus menggaungkan program marharoan bolon, sembari membangun komunikasi dengan pemerintah provinsi dan pusat agar mengaminkan untuk peningkatan infrastuktur di Kabupaten Simalungun,” kata Bupati Kabupaten Simalungun, Radiapoh Hasiholan Sinaga (RHS) saat menerima piagam penghargaan dari MURI, Kamis (05/08/2021).

Disampaikan bupati, warisan dari nenek moyang kita yaitu gotong royong, jika dilihat nilainya, sangat besar dibanding dengan anggaran yang ada di APBD saat ini. “Meski pun jalan yang diperbaiki tidak standar nasional, namun melalui program haroan bolon, jalan yang rusak para, sudah layak dilintasi kendaraan roda empat dengan kecepatan 25-30 kilometer per jam, yang dulunya sepedamotor pun sulit melintasinya,” kata bupati.

Apresiasi Ketua Golkar Sumut

Ketua DPD Partai Golkar Sumut, Musa Rajekshah, pada perayaan HUT ke-57 Partai Golkar yang digelar di Kantor DPD Partai Golkar Simalungun Jalan Pematangsiantar-Saribudolok, Kabupaten Simalungun, Rabu (20/10/2021), memuji dan mengapresiasi bagaimana kealotan Bupati, Radiapoh Hasiholan Sinaga bersama Ketua DPRD, Timbul Jaya Sibarani, dalam memperjuangkan perbaikan jalan provinsi yang sudah rusak parah untuk mendapatkan perbaikan.

“Berkat perjuangan yang cukup alot dari Bupati dan Ketua DPRD Simalungun, tahun 2022 nanti, jalan provinsi rusak parah yang ada di Kabupaten Simalungun akan mendapatkan kucuran dana perbaikan dan diaspal. Dulu pun adanya Bupati dan Ketua DPRD-nya, tapi tidak segetol yang sekarang,” kata Musa Rajekshah.

Diingatkan Musa Rajekshah, agar seluruh kader Partai Golkar yang duduk di legislatif, baik itu provinsi, kabupaten dan kota, harus memberi dukungan penuh kepada kepala daerah yang memiliki komitmen membangun daerahnya serta berkeingin mensejahterakan rakyatnya.

Bagi Radiapoh Hasiholan Sinaga, apa yang digambarkan Ketua DPD Partai Golkar Sumut yang juga Wakil Gubernur Sumut tersebut, adalah cerminan dari semangat marharoan bolon yang semakin melekat di hati masyarakat Simalungun.

Semangat marharoan bolon itulah, yang senantiasa digelorakan Radiapoh Hasiholan Sinaga dalam meningkatkan kualitas terobosan, inovasi dan gagasan untuk menjeput bola ke pemerintah pusat terkait alokasi anggaran yang ada di seluruh kementerian yang dapat digelontorkan dalam meningkatkan pembangunan Kabupaten Simalungun lebih maju, lebih baik dan rakyatnya sejahtera.

“Saya bangun semangat marharoan bolon bersama putra-putra Simalungun yang berhasil di perantauan agar tergerak membangun kampung halaman, demikian juga yang berada di lembaga-lembaga tinggi negara, eksekutif, mau pun legislatif di pusat,” kata Radiapoh Sinaga.

Capaian dari semangat marharoan bolon, sudah mulai membuahkan hasil, dengan menggelontornya anggaran dan kebijakan yang mendukung percepatan pembangunan dari Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kemendesa PDTT, serta yang lainnya.

“Saya bersama Wakil Bupati dengan semangat marharoan bolon, tidak surut selangkah pun dalam mewujudkan visi-misi membangun Kabupaten Simalungun lebih maju, lebih baik dan rakyatnya sejahtera. Kami berharap seluruh elemen yang ada di Kabupaten Simalungun dapat berperan sekaligus berkolaborasi dengan pemerintah untuk satu tujuan bersama, yakni rakyat Simalungun sejahtera. Mari kita kemas dalam semangat marharoan bolon,” kata Radiapoh Hasiholan Sinaga.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi