Inovasi Tiada Henti, Kanimsus Medan Launching Aplikasi Mobile Daily Report

Inovasi Tiada Henti, Kanimsus Medan Launching Aplikasi Mobile Daily Report
Kanimsus Medan launching Aplikasi Mobile Daily Report (MDR) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Kantor Imigrasi Kelas I Khusus (Kanimsus) TPI Medan kembali menunjukkan profesionalitas dalam meningkatkan manajemen organisasi, khususnya kualitas pelaporan kinerja.

Terbaru, Kanimsus Medan launching Aplikasi Mobile Daily Report (MDR) disaksikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi, serta Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Utara, Abyadi Siregar.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, Tato Juliadin Hidayawan mengatakan, sistem pelaporan kinerja mobile ini dibangun sebagai upaya untuk mengintegrasikan pelaporan kinerja dari 5 bidang tugas yang ada.

“Sehingga pemantauan kinerja dapat dilakukan lebih cepat dan mudah,” katanya, Rabu (1/12).

Menurut Tato, sistem yang sudah ada saat ini yaitu Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (SIMKIM) memiliki beberapa microservice atau aplikasi layanan seperti Aplikasi Paspor, Aplikasi Izin Tinggal, Aplikasi Perlintasan, Aplikasi Pengawasan, dan lainnya.

“Sehingga pelaporan kinerja dari setiap bidang bersumber dari masing- masing aplikasi kerja tersebut dan terpisah satu sama lain,” ujarnya.

Inovasi ini dibangun juga untuk mendukung implementasi proyek perubahan dalam rangka Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tk II Angkatan XXIV yang diselenggarakan BPSDM Hukum dan HAM bekerja sama Lembaga Administrasi Negara (LAN).

“PKN Tk II sudah dilaksanakan sejak tanggal 19 Agustus hingga 11 Desember 2021 dengan metode Blended Learning,” tambahnya.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Provinsi Sumatera Utara, Abyadi Siregar, yang sangat mendukung dan mengapresiasi penuh terhadap aplikasi yang digagas Kanimsus Medan.

“Kebutuhan akan data keimigrasian memang sangat tinggi,” ujarnya.

Pada acara launching ini yang meresmikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara, Imam Suyudi, yang sekaligus menyampaikan aplikasi MDR di Kanimsus Medan diharapkan dapat diikuti juga oleh satuan kerja yang lain di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM.

“Khususnya Satker Imigrasi di Provinsi Sumatera Utara, dan mungkin nantinya di seluruh Indonesia. Data menjadi sangat penting jika bisa didapatkan pada waktu yang tepat, jika terlambat data tersebut sudah tidak berarti lagi. Dengan adanya aplikasi MDR ini jelas kapanpun dan dimanapun kebutuhan data akan bisa terjawab,” tandasnya.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi