Meghan Markle Menangkan Gugatan, Surat Kabar 'Mail on Sunday' Minta Maaf

Meghan Markle Menangkan Gugatan, Surat Kabar 'Mail on Sunday' Minta Maaf
Meghan Markle menggendong bayinya, Archie pada Oktober 2019 (Daily Mail/PA)

Analisadaily.com, London - Meghan Markle memperoleh kemenangan hukum melawan penerbit Mail on Sunday. The Duchess of Sussex menerima permintaan maaf publik dari surat kabar Inggris, yang sebelumnya dia tuntut karena menerbitkan kutipan dari surat pribadi yang dia tulis untuk ayahnya yang terasing, Thomas Markle, pada tahun 2019.

Pada hari Minggu (26/12), media tersebut mencetak halaman depan mea culpa kepada Duchess, yang isinya, 'The Duchess of Sussex memenangkan kasus hukumnya untuk pelanggaran hak cipta terhadap Associated Newspapers untuk artikel yang diterbitkan di The Mail pada hari Minggu dan diposting di Mail Online - lihat halaman 3'.

Dalam kotak di pojok kiri atas halaman tersebut, tertera pernyataan yang berbunyi 'Setelah sidang pada 19-20 Januari 2021, dan sidang lanjutan pada 5 Mei 2021, Pengadilan telah menjatuhkan putusan terhadap The Duchess of Sussex atas klaimnya atas pelanggaran hak cipta. Pengadilan menemukan, Associated Newspapers melanggar hak ciptanya dengan menerbitkan kutipan surat tulisan tangannya kepada ayahnya di The Mail on Sunday dan di Mail Online. Penyelesaian keuangan telah disetujui'.

Dilansir dari Aceshowbiz, Senin (27/12), media itu juga memposting pernyataan yang sama di situs web Mail Online pada Hari Natal.

Langkah itu dilakukan setelah Februari lalu, Hakim Mark Warby dari Pengadilan Tinggi di London memerintahkan The Mail on Sunday untuk menggabungkan permintaan maaf dengan "pemberitahuan" yang lebih panjang di dalam surat kabar di bawah judul, "The Duchess of Sussex."

Dia juga mengharuskan publikasi untuk secara eksplisit menyatakan, pengadilan menemukan "Surat kabar Associated melanggar hak cipta Meghan dengan menerbitkan ekstrak surat tulisan tangannya kepada ayahnya di The Mail on Sunday dan di Mail Online".

Selain itu, Hakim memerintahkan agar permintaan maaf tersebut muncul di beranda MailOnline "untuk jangka waktu satu minggu" dan menyertakan hyperlink ke putusan dan ringkasan resmi di bawah kata-kata, "Putusan lengkap dan ringkasan Pengadilan dapat ditemukan di sini".

Meghan juga dihadiahi kerugian finansial yang besar dari grup surat kabar Associated Newspapers Limited. Grup penerbit diharuskan untuk menutupi biaya hukum Meghan, yang diperkirakan berjumlah $ 1,88 juta.

"Ini adalah kemenangan bukan hanya bagi saya, tetapi bagi siapa saja yang pernah merasa takut untuk membela apa yang benar. Sementara kemenangan ini adalah preseden, yang terpenting adalah kita sekarang secara kolektif cukup berani untuk membentuk kembali industri tabloid yang mengkondisikan orang menjadi kejam, dan mengambil untung dari kebohongan dan rasa sakit yang mereka buat," kata istri Pangeran Harry dalam sebuah pernyataan setelah keputusan itu.

"Sejak hari pertama, saya telah memperlakukan gugatan ini sebagai ukuran penting benar versus salah. Terdakwa telah memperlakukannya sebagai permainan tanpa aturan. Semakin lama mereka menyeretnya, semakin mereka dapat memutarbalikkan fakta dan memanipulasi publik (bahkan selama banding itu sendiri), membuat kasus langsung yang luar biasa berbelit-belit untuk menghasilkan lebih banyak berita utama dan menjual lebih banyak surat kabar, model yang menghargai kekacauan di atas kebenaran. Dalam hampir tiga tahun sejak ini dimulai, saya telah bersabar dalam menghadapi penipuan, intimidasi, dan serangan yang diperhitungkan," lanjutnya.

"Pengadilan telah meminta pertanggungjawaban terdakwa, dan harapan saya adalah kita semua mulai melakukan hal yang sama. Karena sejauh yang terlihat dari kehidupan pribadi Anda, ternyata tidak. Besok bisa jadi Anda. Praktik berbahaya ini tidak terjadi sekali dalam bulan biru, itu adalah kegagalan harian yang memecah belah kita, dan kita semua pantas mendapatkan yang lebih baik," kesimpulan ibu dua anak itu.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi