Gapura Wisata DeSka Diharapkan Dongkrak Pariwisata

Gapura Wisata DeSka Diharapkan Dongkrak Pariwisata
Tim Pendamping HPI Tapteng saat menyerahkan 5.000 eksemplar Leaflet Wisata kepada Pengurus Pokdarwis Air Terjun Spitu-pitu (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Pandan - Gapura Wisata di Desa Sait Kalangan II (DeSka), Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara (Sumut) diresmikan.

Peresmian tersebut pascaberjalannya pendampingan selama 2 bulan sejak November hingga Desember 2021 oleh Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Tapteng yang didukung penuh program CSR PLN Peduli.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh perwakilan PLN yang dihadiri Gunung Moi, Kepala Desa Sait Kalangan II, Nikson Panggabean, dan Ketua Pokdarwis Air Terjun Sipitu-pitu, Samres Panggabean, didampingi tim pendamping dari HPI Tapteng.

Ketua HPI Tapteng, Afrizal Prima Akhir Pohan, diwakili Wakil Ketua HPI Tapteng Bidang Pengembangan SDM, Damai Mendrofa mengatakan, selama 2 bulan program berjalan, selain pembangunan Gapura Wisata, sejumlah item program telah dijalankan.

Yakni, pembangunan papan informasi spot wisata, workshop kepariwisataan, pendampingan konservasi Baning Coklat, dan pendampingan rutin terkait pengembangan pariwisata, baik kepada anggota Pokdarwis maupun masyarakat.

“Pendampingan selama dua bulan yang telah dilakukan diharapkan semakin memperkaya sarana pariwisata di desa ini,” kata Damai, Senin (10/1).

Selain itu, apa yang telah dilakukan dengan dukungan penuh CSR PLN Peduli diharapkan mendorong kemampuan, pemahaman dan berkembangnya Pokdarwis Air Terjun Sipitu-pitu maupun masyarakat di DeSka dalam mengelola setiap potensi pariwisata yang dimiliki.

“Tentu dengan tidak melupakan cara berpikir pariwisata berkelanjutan dan konservasi terhadap alam dan lingkungan yang dikelola menjadi potensi pariwisata itu,” ucap Damai.

Menurut Damai, pembangunan pariwisata di desa tersebut masih harus terus dilakukan di berbagai aspek potensi wisata yang dimiliki. Baik di pembenahan sarana, prasarana, penguatan kapasitas sumber daya manusia, dan upaya pemasaran atau promosi.

“Meskipun program ini telah selesai, bukan berarti kehadiran kami di sini juga berhenti. Kami akan terus berupaya mendampingi pengembangan pariwisata, tentu dengan segenap kemampuan yang kami miliki,” ujarnya.

Ketua Pokdarwis Air Terjun Sipitu-pitu, Samres Panggabean, dalam sambutannya mengapresiasi program 2 bulan yang berjalan dalam mengembangkan pariwisata di Desa Sait Kalangan II.

“Ucapan terima kasih kami yang sebesar-besarnya kepada PLN maupun HPI Tapteng yang telah semaksimal mungkin bekerja sampai semua program selesai dilakukan,” katanya.

Apresiasi dan ucapan terima kasih serupa juga datang dari Kepala Desa Sait Kalangan II, Nikson Panggabean. Ia berharap, program CSR PLN Peduli tidak kali ini saja diberikan untuk mengembangkan desanya.

“Khusus kepada bapak dan ibu dari Pokdarwis, ayo kita manfaatkan Gapura Wisata,” ujar Nikson.

Gunung Moi, mewakili UP3 PLN Sibolga menuturkan, program CSR PLN Peduli yang telah disalurkan kepada Desa Sait Kalangan II, terutama kepada Pokdarwis Air Terjun Sipitu-pitu diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya.

“Semoga bermanfaat besar untuk terus menggerakkan sektor wisata di desa ini, dan tentu kami mengingatkan bahwa agar potensi pariwisata yang dikelola tidak melupakan aspek melindungi lingkungan dan alam,” terangnya.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi