Jokowi Cek Kesiapan MotoGP Mandalika

Jokowi Cek Kesiapan MotoGP Mandalika
Presiden Jokowi mengecek langsung kesiapan MotoGP Mandalika (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lombok - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja untuk menyaksikan dan melakukan simulasi pelaksanaan MotoGP Mandalika 2022, berlokasi di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Jokowi menjajal simulator langsung kedatangan penonton MotoGP, mulai dari kedatangan dan jalan menuju sirkuit, pemantauan tempat tes PCR, tempat penukaran tiket, sampai masuk ke tribun sirkuit.

Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto mengungkapkan, setelah tiba di Bandara Lombok, Jokowi menuju Sirkuit Mandalika mengendarai sepeda motor bersama Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, dan Komandan Lapangan MotoGP Mandalika, Hadi Tjahjanto.

"Presiden berhenti di beberapa titik untuk mengecek sarana dan prasarana pendukung Sirkuit Mandalika, seperti Jalan Bypass Bandara-Mandalika, jalan di depan Sirkuit Mandalika, dan tempat penginapan," ungkap Kapolda NTB, Kamis (13/1).

Kapolda NTB mengungkapkan, pengamanan pada saat penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022, jumlah personel yang akan diturunkan hingga saat ini jumlahnya masih dinamis.

"Kita terus melihat situasi yang berkembang, jumlahnya masih dinamis. Tetapi tujuannya adalah pengamanan itu sukses di penyelenggaraan dan sukses di pengamanan," ujar Kapolda NTB.

Kapolda NTB mengimbau masyarakat yang akan menonton MotoGP di Lombok untuk mengikuti arahan aparat keamanan. " Para penonton MotoGP Mandalika 2022 yang datang dari luar Lombok juga diimbau untuk ikut menjaga keamanan dan ketertiban," imbau Kapolda NTB.

Direktur Informasi dan Komunikasi Perekonomian dan Maritim Ditjen IKP Kementerian Kominfo, Septriana Tangkary mengatakan, penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 akan menjadi suatu kesempatan menunjukkan kepada dunia internasional bahwa Indonesia memiliki sirkuit yang sangat baik. Dampak penyelenggaraan MotoGP Mandalika akan luas kepada seluruh masyarakat Indonesia.

"Kementerian Kominfo berkolaborasi dengan teman-teman media, mari kita bersama-sama melihat sisi baik atau peluang-peluang pemberitaan yang baik," ujar Septriana.

Septriana menambahkan, penyelenggaraan MotoGP Mandalika 2022 akan menggerakkan sektor pariwisata di Pulau Lombok, dan akan menjadikan suatu kekhasan Indonesia.

"Indonesia memiliki banyak pantai. Kita bisa mengangkat banyak objek wisata, makanan, dan segala sesuatunya yang khas. Dengan demikian dapat meningkatkan perekonomian Indonesia khususnya untuk daerah Lombok," pungkasnya.

(TRY/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi