Peras Pelanggan, Dua Wanita Penghibur Ditangkap Polisi

Peras Pelanggan, Dua Wanita Penghibur Ditangkap Polisi
Kapolsek Medan Baru, Kompol Teuku Fathir (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Personel Polsek Medan Baru menangkap dua pelaku pemerasan dengan modus melayani tamu.

Kapolsek Medan Baru, Kompol Teuku Fathir, mengatakan kasus tersebut diungkap pihaknya berdasarkan laporan dari dua orang yang menjadi korban pemerasan.

"Dalam sebulan ini ada dua kasus pemerasan dengan modus menemani kencan yang kami ungkap. Kasus pertama terjadi di Jalan Sei Halian, Kelurahan Sei Sikambing D, Kecamatan Medan Petisah dan di penginapan di Jalan Ayahanda Medan," kataTeuku Fathir, Selasa (15/2).

Fathir menjelaskan kedua perkara yang dilaporkan tersebut menggunakan modus yang hampir sama. Korban berkomunikasi dengan pelaku melalui sebuah aplikasi dan janjian bertemu di lokasi yang sudah ditentukan.

Awalnya pelaku dan korban bertemu di salah satu penginapan atau hotel dengan tujuan untuk berkencan.

"Namun saat korban sudah berada di dalam kamar, pelaku langsung menjalankan modusnya dengan mengancam akan meneriaki korban jika tidak menyerahkan uang dan handphone. Bahkan salah satu korban ada yang dipukuli oleh pelaku," ungkapnya.

Diungkapkan Fathir, kasus pemerasan dengan modus kencan itu dilaporkan korban melalui hotline Polsek Medan Baru. Hasil penyelidikan, petugas menemukan keberadaan pelaku dan mengamankannya dari sebuah kos-kosan.

Dua orang pelaku dalam kasus pertama ditangkap petugas di kos-kosannya. Keduanya yakni wanita berinisial SI (22), warga Kecamatan Sunggal dan L (27) warga Kecamatan Medan Deli.

"Dalam menjalankan modusnya, pelaku memaksa korban membayar biaya service sebesar Rp 2,5 juta setelah sebelumnya menyepakati biaya kencan Rp 250 ribu," jelas Fathir.

Namun saat itu korban menolak, pelaku yang marah langsung memukul korban dan memanggil dua temannya berinisial L dan H untuk turut memukul korban.

"Untuk kasus pertama kami mengamankan barang bukti dari pelaku berupa uang Rp 350 ribu. Atas perbuatannya, keduanya dikenakan Pasal 368 KUHPidana dengan ancaman 9 tahun penjara," tegasnya.

Sementara kasus kedua yang diungkap Polsek Medan Baru terjadi di salah satu penginapan Jalan Ayahanda Medan.

Sebelum janjian ketemu untuk kencan di sebuah penginapan, pelaku berinisial B (21) dan korban berkomunikasi melalui aplikasi chating. Dari komunikasi tersebut keduanya bersepakat untuk berkencan dengan tarif Rp 300 ribu.

Setelah bertemu dengan B, ternyata korban menolak berkencan dengan alasan wajah B tidak sesuai dengan foto yang tertera di aplikasi. Mendengar keluhan korban, pelaku langsung mengunci kamar dan mengancam akan berteriak jika tidak membayar.

"Pelaku langsung mengambil semua uang yang ada di dompet korban termasuk handphone. Atas kejadian itu korban keberatan dan membuat laporan. Pelaku dikenakan Pasal 368 KUHPidana dan telah ditahan," pungkas Fathir.

(JW/EAL)

Baca Juga

Rekomendasi