Loyalitas Konsumen Berpengaruh pada Kesuksesan Bisnis

Loyalitas Konsumen Berpengaruh pada Kesuksesan Bisnis
Ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Medan - Customer loyalty atau yang sering disebut loyalitas konsumen sangat berpengaruh pada kesuksesan suatu bisnis. Hal ini disampaikan Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sumatera Utara (USU) Beby Karina Fawzeea Sembiring.

“Loyalitas konsumen adalah kesetiaan konsumen terhadap perusahaan, merek maupun produk,” kata Beby, Rabu (2/3).

Disampaikannya, mendefinisikan loyalitas adalah sikap menyenangi terhadap suatu merek yang dipresentasikan dalam pembelian yang konsisten terhadap merek itu sepanjang waktu.

“Jadi, loyalitas konsumen adalah komitmen pelanggan terhadap suatu merek, toko atau pemasok berdasarkan sifat yang sangat positif dalam pembelian jangka panjang,” terangnya.

Menurut Beby, dapat diartikan bahwa kesetiaan terhadap merek diperoleh karena adanya kombinasi dari kepuasan dan keluhan.

Sedangkan kepuasan pelanggan tersebut hadir dari seberapa besar kinerja perusahaan untuk menimbulkan kepuasan tersebut, dengan meminimalkan keluhan sehingga diperoleh pembelian jangka panjang yang dilakukan konsumen.

Selanjutnya, menjaga loyalitas konsumen merupakan hal terpenting yang dapat dilakukan, mengingat banyaknya pesaing dengan produk sejenis berlomba-lomba untuk meraih kesuksesan.

“Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat para pelaku bisnis berpikir keras, bagaimana caranya agar pelanggan tidak lari ke produk lain dan justru mendatangkan lebih banyak konsumen kepada mereka,” sebutnya.

Beby menuturkan, kunci utama keberhasilan suatu usaha adalah kepercayaan yang timbul dari konsumen terhadap produk atau jasa yang dijual.

“Konsumen harus memiliki keyakinan bahwa produk atau jasa yang mereka pilih mampu memberikan manfaat terbaik bagi mereka,” tuturnya.

Lalu, bagaimana cara menjaga loyalitas konsumen agar konsumen tidak beralih ke produk lain?

Berikut 5 tips menurut Beby:

Pertama, berikan pelayanan yang memuaskan. Pelayanan yang berkualitas merupakan kunci kesuksesan sebuah bisnis.

“Berikanlah pelayanan yang terbaik, sehingga pelanggan merasa diperhatikan dan keinginannya terpenuhi,” ujarnya.

Kedua, bangun hubungan yang saling menguntungkan. Bentuklah kerja sama yang baik antara kamu dan pelanggan. kamu bisa memberikan promo khusus pada pelanggan setia.

Ketiga, lanjutnya, menangani keluhan pelanggan dengan baik. Tangani keluhan pelanggan dengan kepala dingin, jangan lupa untuk tenang.

“Lalu berikan solusi yang tepat untuk kendala yang dialami oleh pelanggan,” paparnya.

Keempat, memberikan penawaran yang menarik. Penawaran yang menarik diperlukan untuk mempertahankan seorang pelanggan setia. Cobalah untuk menawarkan produk yang menarik atau limited edition pada pelanggan setia terlebih dahulu.

“Pelanggan yang mendapatkan penawaran menarik tersebut akan merasa lebih dispesialkan sehingga mereka juga akan lebih mementingkan perusahaan Anda,” terang Beby.

Kelima, minta kritik dan saran. Sebab, kritik dan saran sangat membantu untuk mengetahui kebutuhan pelanggan, sehingga perusahaan bisa memberikan solusi terbaik untuk para pelanggannya.

“Lakukan survei singkat melalui online ataupun offline, mintalah kritik dan saran dari pelanggan yang memakai produk atau jasa yang telah dibelinya,” Beby memungkasi.

(JW/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi