Wapres Ma’ruf Amin Harap Tak Ada Perbedaan Penetapan Awal Ramadan

Wapres Ma’ruf Amin Harap Tak Ada Perbedaan Penetapan Awal Ramadan
Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin bersama pengurus Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) di Jakarta, Selasa (29/3/2022) (ANTARA/Rangga Pandu Asmara Jingga)

Analisadaily.com, Jakarta - Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin, berharap tidak ada perbedaan dalam penetapan awal Ramadhan 1443 Hijriah tahun ini, antara Muhammadiyah dengan pemerintah.

"Diharapkan tahun ini masih sama antara Muhammadiyah dan pemerintah," kata Wapres di Jakarta, dilansir dari Antara, Selasa (29/3).

Wapres mengatakan, terkait penetapan awal Ramadan, kecuali Muhamamdiyah, sudah ada kesepakatan sistem atau cara penetapan melalui sidang Isbat di Kementerian Agama.

Namun dia mengatakan, seandainya terdapat perbedaan penetapan Ramadan, maka sudah ada pemahaman bersama untuk saling bertoleransi.

"Artinya ada toleransi, ya, misalnya, Muhammadiyah ada pendekatan ada namanya wujudul hilal, asal ada hilal. Kalau pemerintah itu ada imkanur rukyah, kemungkinan rukyah, minimal dua derajat," ujarnya.

Meskipun demikian Wapres meyakini, jika melihat tahun ini, maka kemungkinan penetapan awal Ramadan antara pemerintah dengan Muhammadiyah akan sama.

"Kalau melihat tahun ini kemungkinan lebih dari dua derajat, kemungkinannya akan sama. Mudah-mudahan sama," ucap Wapres berharap.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi