Guru Besar UIN Sumut Puji Keberhasilan Jokowi Rawat Kebhinekaan

Guru Besar UIN Sumut Puji Keberhasilan Jokowi Rawat Kebhinekaan
Seminar Pancasila dan Moderasi Beragama di UIN Sumut (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Medan - Guru Besar Universitas Islam Negeri (UIN) Sumatera Utara (Sumut), Prof. Dr. Saiful Akhyar Lubis, memuji keberhasilan Presiden Joko Widodo dalam merawat kebhinekaan.

Menurut Saiful di bawah kepemimpinan Jokowi, konflik antar golongan yang kerap terjadi di tengah masyarakat sukses diredam.

Pernyataan Saiful tersebut disampaikan seusai dirinya menjadi narasumber dalam seminar di UIN Sumut yang bertajuk “Pancasila dan Moderasi Beragama: Menelaah Kebijakan Pemerintah dalam Menjaga Kebhinekaan di Indonesia”.

“Saya kira iya (berhasil). Tentu saja Pak Jokowi adalah bukti keberhasilan semua elemen bangsa,” ujar Saiful, Kamis (31/3).

Saiful melihat keberhasilan Jokowi menjaga kebhinekaan disebabkan oleh gaya politiknya yang mau merangkul semua golongan. Langkah tersebut terbukti berhasil menjaga kebhinekaan di tengah majemuknya masyarakat Indonesia.

Untuk menjaga dan merawat kebhinekaan di negeri ini, Saiful menilai hal tersebut bukanlah perkara yang mudah. Oleh sebab itu, peran dan sinergi dari masyarakat sangat dibutuhkan.

“Pak Jokowi tentunya tidak bisa bekerja sendiri. Tapi dukungan oleh semua elemen bangsa tanpa terkecuali,” ujar Saiful.

Lebih lanjut Saiful menilai jika figur Jokowi sudah memberikan fondasi kuat dalam merawat dan menjaga kebhinekaan. Dirinya berharap, dasar yang telah dibangun dengan sangat apik ini mampu diteruskan oleh kepemimpinan pada periode yang akan datang.

“Sudah ditanamkan konsep-konsep dasar, strategi dasar untuk dilanjutkan berkesinambungan oleh siapapun penerus kepemimpinan bangsa ini,” lugas Saiful.

(EAL)

Baca Juga

Rekomendasi