Soal Sinar Laser, FIFA Denda Federasi Sepak Bola Senegal

Soal Sinar Laser, FIFA Denda Federasi Sepak Bola Senegal
Sinar laser diarahkan ke wajah Mohamed Salah saat ia mencoba menenangkan diri sebelum mengeksekusi penalti. (Mola TV)

Analisadaily.com, Zurich - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) mendenda federasi sepak bola Senegal 175.000 franc Swiss ($ 180.000) pada hari Senin (2/5), karena gangguan penggemar pada pertandingan playoff Piala Dunia, termasuk sinar laser pointer yang diarahkan kepada bintang Mesir, Mohamed Salah dalam adu penalti.

Wajah Salah tampak kabur dengan cahaya hijau terang ketika dia bersiap untuk mengambil penalti, yang dia lempar ke atas mistar. Senegal kemudian memenangkan drama adu penalti di Dakar pada bulan Maret dengan rekan satu tim Salah di Liverpool, Sadio Mana, mencetak gol tendangan penalti yang menentukan.

"Komite disiplinnya juga melihat invasi lapangan oleh penggemar Senegal, spanduk ofensif dan kegagalan federasi nasional untuk memastikan bahwa hukum dan ketertiban dipertahankan di stadion," kata FIFA dilansir dari Marca, Selasa (3/5).

Senegal juga diperintahkan untuk memainkan pertandingan kompetitif di masa depan di stadion kosong. Panel disiplin FIFA menilai lusinan kasus serupa dari pertandingan kualifikasi Piala Dunia yang dimainkan sejak Januari dan menjatuhkan beberapa denda dan penutupan stadion lainnya.

Nigeria dihukum dengan denda 150.000 franc Swiss ($ 154.000) dan penutupan stadion satu pertandingan. Fans menyerbu lapangan di Abuja dan ada insiden kekacauan lainnya setelah Nigeria tersingkir di kandang oleh Ghana dalam playoff mereka.

FIFA memberlakukan denda 125.000 franc Swiss ($ 128.000) di Kongo dan 100.000 franc Swiss ($ 103.000) di Lebanon dalam kasus serupa di pertandingan melawan Maroko dan Suriah, masing-masing. Keduanya mendapat penutupan satu pertandingan stadion.

Diskriminasi oleh penggemar Chili dan Kolombia di pertandingan kandang mereka, ditambah pelanggaran lainnya, mengakibatkan denda total masing-masing 95.000 franc Swiss ($98.000) dan 55.000 franc Swiss ($56.500).

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi