Selama Idul Fitri, BI KPw Sumut Keluarkan Uang Rp 4.60 Triliun

Selama Idul Fitri, BI KPw Sumut Keluarkan Uang Rp 4.60 Triliun
Pecahan mata uang rupiah (Analisadaily/Jafar Wijaya)

Analisadaily.com, Medan - Selama hari raya Idul Fitri 1443 Hijrah, Bank Indonesia (BI) Kantor Perwakilan (KPw) Sumatera Utara mencatat uang keluar sebesar Rp 4,60 triliun atau sebesar 91 persen dari perkiraan Rp 5,025 triliun.

Deputi Kepala Perwakilan BI Provinsi Sumut, Ibrahim, mengatakan dari uang keluar sebesar Rp 4,60 triliun tersebut. Dengan perincian uang pecahan besar sebanyak Rp 3,89 triliun dan uang pecahan kecil Rp 701,4 miliar.

"Nilai kebutuhan uang tersebut sudah termasuk penukaran yang dilakukan langsung oleh masyarakat ke Bank Indonesia sebesar Rp 5,75 miliar," katanya, Kamis (11/5).

Ibrahim menjelaskan dari total uang yang keluar saat Lebaran 2022, merupakan kebutuhan masyarakat untuk transaksi secara tunai. Karena, saat hari raya Idul Fitri transaksi menggunakan uang tunai sangat tinggi di tengah masyarakat.

"Sementara uang yang sudah beredar di masyarakat sudah ada lagi di perbankan, jadi lebih besar lagi," jelasnya.

Ibrahim menambahkan bahwa proses penukaran uang secara umum berjalan dengan baik dengan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

"Selain dapat menukar langsung ke BI, masyarakat juga telah memanfaatkan layanan penukaran uang di perbankan secara langsung," tambahnya.

(JW/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi