Bisnis Berkembang Pesat, Pastikan Software Akuntansi Anda Terbaik

Bisnis Berkembang Pesat, Pastikan Software Akuntansi Anda Terbaik
Foto Ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com - Perkembangan teknologi yang semakin pesat berpengaruh terhadap software dan aplikasi yang ada di dalamnya. Berbagai macam software yang muncul pun akan membantu pekerjaan manusia sehari-hari maupun saat menjalankan bisnis sehingga sudah seharusnya dimiliki karena ketergantungan dan memiliki banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan.

Salah satu software revolusioner dan wajib digunakan oleh hampir semua kalangan pebisnis adalah software akuntansi.

Hubungan Software Akuntansi dengan Pebisnis

Yang menjadi pertanyaan kali ini adalah apa hubungannya software akuntansi tersebut dengan pebisnis? Menjadi seorang pebisnis tentu membuat Anda harus bisa beradaptasi dengan perkembangan teknologi yang kian hari tidak bisa terbendung.

Dalam setiap bisnis keuangan menjadi hal vital sehingga jika terjadi kesalahan dengan keuangan atau perhitungan tersebut akan menyebabkan manajemen keuangan tidak akan bisa berjalan dengan baik dikarenakan data yang disajikan tidak real time.

Memang software khusus akuntansi ini dikaitkan dengan perusahaan skala besar namun anggapan tersebut tidak benar karena perusahaan dengan skala kecil pun wajib menggunakan software khusus akuntansi ini. Sering sekali human error menjadi penyebab masalah atau kekeliruan pada bagian keuangan sehingga menjadikan performa di bidang keuangan menjadi tidak maksimal.

Dengan menggunakan software ini Anda sebagai pebisnis tidak perlu melakukan pencatatan pembukuan keuangan dengan cara manual, yang mana hanya tinggal memasukkan data ke dalam software khusus akuntansi tersebut. Anda juga bisa menyusun anggaran dan mencetaknya setiap saat Anda membutuhkannya.

Data pada software tersebut pun memiliki transparansi yang bagus dimana bisa dilihat bagi karyawan yang memiliki akses terhadap data tersebut. Pebisnis juga bisa melihat performa bisnis kapan saja dibutuhkan tanpa harus melakukan penghitungan ulang dan secara terus menerus.

Yang harus Anda pahami adalah software khusus akuntansi ini tidak akan menggantikan konsep pelaporan keuangan namun yang bisa digantikan adalah pengolahan datanya. Hal itu dikarenakan tujuan dari penggunaan software ini adalah menghasilkan laporan keuangan seperti cash flow, neraca atau balance sheet, dan rugi laba yang lebih akurat.

Untuk penggunaan software khusus akuntansi ini pun pebisnis harus menggunakan jasa vendor yang terpercaya. Vendor tersebut tidak hanya akan memberikan software akuntansi terbaik namun juga akan memiliki konsultan yang kompeten dan berpengalaman sehingga Anda sebagai pebisnis bisa menggunakan software tersebut dengan mudah dan benar.

Software Akuntansi Berbasis Online atau Offline?

Yang sering dipertanyakan oleh pebisnis yang akan menggunakan software ini adalah memilih yang berbasis online atau offline. Pada dasarnya software terbagi jadi dua yang mana harus dioperasionalkan dengan menggunakan jaringan internet atau bisa dioperasionalkan tanpa menggunakan jaringan internet.

Tentu saja ada kelebihan dan kekurangan dari masing-masing software tersebut. Untuk offline software ini tidak fleksibel dikarenakan Anda sebagai pebisnis harus hadir di lokasi bisnis untuk memasukkan dara melalui komputer, selain itu Anda harus memantau laporan tersebut secara berkala.

Untuk yang berbasis online ini memiliki fleksibilitas yang tinggi dimana Anda bisa memantau laporan bisnis kapan saja dan dimana saja, sedangkan untuk berbasis online akan mudah dalam melakukan update dan perkembangan.

Selain itu masih ada banyak kelebihan lainnya yang bisa didapatkan dengan software akuntansi online berbasis online yaitu mengakses laporan keuangan secara real time dan datanya selalu update, bisa diintegrasikan dengan aplikasi lainnya yang berbasis cloud, bagi Anda yang memiliki beberapa kantor cabang data akan mudah disinkronkan, mendapatkan pemeliharaan sistem dari vendor pemilik software, dan masih banyak lagi lainnya.

Melihat korelasi antara software khusus akuntansi dengan bisnis yang sangat erat tersebut akan sangat disayangkan jika Anda belum memanfaatkannya. Melihat banyaknya kelebihan yang dimiliki, Anda bisa memilih software akuntansi berbasis online dibandingkan offline karena lebih fleksibel dan cocok bagi Anda yang memiliki mobilitas yang tinggi.

Manfaat Software akuntansi bagi Bisnis

Dengan menggunakan sistem yang tepat, perusahaan dapat membuat pembukuan dan menyusun laporan secara otomatis dan tepat waktu serta mengembangkan strategi bisnis yang lebih cerdas. Berikut ini delapan manfaat software akuntansi bagi bisnis Anda.

  • Menyederhanakan Proses
Sistem akuntansi dapat menempatkan kontrol keuangan pada pengguna yang bukan seorang akuntan, ini dirancang untuk memberikan arti data atau angka yang disajikan saat melakukan perhitungan otomatis. Dengan sedikit pelatihan saja, pemilik bisnis bisa menyelesaikan semua operasi akuntansi yang sesuai dengan standarnya menggunakan komputer atau smartphone. Perusahaan tidak perlu membayar pihak eksternal untuk menjaga dan mengoperasikan anggaran perusahaan.

  • Penghematan Biaya
Software akuntansi dan keuangan membuat aktivitas dapat berjalan otomatis seperti perhitungan biaya, proses administrasi dan perhitungan pendapatan, sehingga Anda tidak perlu mengalihkan kerja manajemen keuangan ke ahli eksternal. Selain itu, perusahaan juga dapat mengurangi biaya yang berkaitan dengan pencetakan dan distribusi dokumen. Penyimpanan data perusahaan yang bersifat penting dan sensitif pun terjamin aman dan bisa ditracking kapan saja di software akuntansi.

  • Transparansi Keuangan
Bagi para akuntan dan auditor, salah satu peran penting dari software akuntansi yaitu dapat mencegah dan meminimalisir kesalahan manusia (human error) yang terus berulang. Menghitung jumlah uang yang tidak akurat dan gagal melaporkan data tepat waktu akan berdampak buruk bagi bisnis, dan di sinilah perhitungan otomatis dengan software dibutuhkan.

  • Prediksi Akurat
Ini merupakan salah satu keunggulan utama dari software akuntansi, yaitu dapat memberikan data rinci mengenai pola dan tren dari kinerja keuangan bisnis Anda. Software akuntansi memberikan arti dari data dan angka yang bisa membantu Anda memahami pengeluaran mana yang perlu dipotong atau di mana harus berinvestasi lebih banyak. Dengan gambaran yang jelas mengenai kondisi keuangan saat ini, Anda bisa lebih mudah mengembangkan strategi dan mengalokasikan sumber daya di tempat yang tepat.

  • Produktivitas
Apabila Anda sebagai pemilik bisnis perlu memilih salah satu teknologi digital untuk meningkatkan kinerja karyawan, maka harus memilih software akuntansi. Sistem ini bisa mengatasi tugas sehari-hari yang paling rumit dari mengumpulkan, mengatur dan menganalisis data, yang paling penting perusahaan dapat memanfaatkan uang dengan cara yang lebih cerdas.

  • Kepatuhan Pajak
Banyak dari sistem akuntansi yang menawarkan fitur penggajian karyawan, pelaporan dan urusan pajak secara otomatis. Software akuntansi bisa menjadi sumber informasi pajak dan audit Anda, karena menyimpan semua data penting keuangan yang transparan.

  • Meningkatkan Hubungan dengan Pelanggan
Pasti banyak orang berargumen kalau software akuntansi tidak ada hubungannya dengan pelayanan pelanggan, padahal sebagian besar software akuntansi dapat berperan dalam penagihan dan faktur serta mencegah penundaan dan miskomunikasi. Software ini juga bisa dibuat personal atas nama bisnis sehingga kinerja perusahaan Anda menjadi lebih profesional dan kredibel.

  • Keamanan
Data keuangan adalah informasi perusahaan yang berharga dan harus dilindungi agar tidak jatuh ke tangan yang salah atau rusak karena kesalahan. Kebanyakan kasus, Anda bisa membuat struktur keamanan internal dan menentukan hak akses data kepada pihak yang berkepentingan saja.

Rekomendasi Software Akuntansi Indonesia Tahun 2022

  • Jurnal
Jurnal adalah software akuntansi berbasis cloud dan menawarkan fitur yang dapat mendukung pembukuan, keuangan dan operasional toko secara otomatis. Fitur lainnya yaitu laporan bisnis dan keuangan, akuntansi, kas dan transaksi, invoice, produk dan inventory, serta perpajakan. Jurnal menawarkan paket yang cocok untuk UMKM mulai dari Rp199.000,- per bulan sudah termasuk 1 user. Tetapi untuk integrasi dengan fitur pajak dengan Klikpajak, Anda perlu membayar tambahan biaya sebesar Rp500.000,-

Dengan menggunakan Jurnal by Mekari, maka lebih menghemat waktu proses administrasi dan operasional, dengan harga yang efisien, efektif dan cepat. Karena itu, pebisnis bisa lebih fokus untuk mengembangkan usahanya.

Jurnal by Mekari bisa diakses secara fleksibel, untuk berbagai perangkat dan kapan saja, selama terhubung dengan internet. Menggunakan program akuntansi ini menjadikan pengguna lebih mudah dalam membuat invoice atau faktur, mengecek inventori, serta membuat laporan keuangan.

Jadi, Jurnal by Mekari menjadikan pembuatan laporan keuangan perusahaan lebih mudah, aman, cepat, nyaman, dan datanya bisa diakses secara real-time. Menariknya, Jurnal by Mekari telah memiliki keamanan berstandar tinggi, ISO 27001, setara dengan bank, sehingga keamanan data perusahaan terjamin.

Jurnal by Mekari dapat di akses di laman https://www.Jurnal.id dan tersedia di platform Android. Download aplikasinya melalui PlayStore untuk mendapatkan layanan akuntan profesional secara gratis selama 14 hari.

  • MASERP
MASERP merupakan software akuntansi Indonesia yang sudah dipercaya sejak tahun 1984. MASERP tidak hanya menawarkan fitur accounting saja, tetapi semua fungsi bisnis seperti penjualan, pembelian, inventory, aset, pajak dan lainnya.

Software ini pun bisa digunakan pada berbagai industri bisnis seperti manufaktur, distribusi, jasa, pertambangan, konstruksi, migas, retail dan masih banyak lagi. MASERP dapat dipasang di server kantor maupun cloud, Anda dapat membeli secara putus. Untuk menjaga keamanan data, MASERP memiliki kontrol untuk hak akses dan approvalnya.

Harga yang ditawarkan untuk bisnis manufaktur yaitu seharga Rp90.000.000,- sudah termasuk 5 user dan Anda akan mendapatkan modul account receivable, account payable, general ledger, inventory control, sales order, sales invoice, purchasing, cash flow, fixed asset, billing, production dan project management. Banyak sekali fitur yang akan Anda dapatkan, ya!

  • SAP Business One
SAP merupakan software akuntansi yang sudah dikenal secara global. Software buatan Jerman ini menawarkan software berbasis cloud dan on-premise untuk bisnis Anda. Umumnya SAP ini digunakan oleh perusahaan berskala besar dan internasional. Untuk paket basic trading mulai dari Rp185.000.000,- dengan biaya implementasi mulai dari Rp 90.000.000,-.

  • Accurate
Accurate menawarkan dua paket yaitu Accurate online yang merupakan software akuntansi cloud yang dapat digunakan oleh UMKM (lite) dan Accurate untuk perusahaan skala menengah. Accurate menawarkan fitur penjualan, pembelian, persediaan, perpajakan, buku besar, kas dan bank dan aset. Harga per bulan sebesar Rp220.000,- termasuk 1 user, apabila Anda mau menambah user dikenakan biaya Rp20.000,- per bulan.

  • Zahir
Zahir menawarkan harga paling murah Rp 108.900/bulan termasuk 1 user, dashboard real time, penjualan dan pembelian, serta kas dan bank. Zahir juga memiliki paket enterprise untuk industri manufaktur seperti pengadaan barang, pengelolaan utang-piutang, pengelolaan stok seharga Rp 37.500.000,-.

  • Hashmicro
Hashmicro menawarkan beberapa fitur dalam cloud accounting seperti dashboard keuangan, cash flow forecasting, rekonsiliasi bank dan pelaporan. Hashmicro juga menawarkan unlimited license untuk tiap perusahaan. Sistem akuntansi Hashmicro mengintegrasikan modul penjualan, inventaris dan penggajian karyawan serta dapat dikostumisasi.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi