Ingin Bisnis UMKM Berkembang Pesat? Gunakan Aplikasi UMKM Berikut Ini

Ingin Bisnis UMKM Berkembang Pesat? Gunakan Aplikasi UMKM Berikut Ini
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Ingin bisnis UMKM Anda berjalan lancar dan lebih baik lagi? Gunakan rekomendasi aplikasi UMKM yang tersaji di dalam artikel ini untuk kelancaran bisnis Anda.

Dalam mengelola bisnis, terutama ketika masih menjadi usaha kecil dan menengah atau UMKM, memang cukup menantang. Tanpa menggunakan aplikasi UMKM pengelolaan bisnis akan memakan waktu yang cukup lama.

Namun, dengan adanya teknologi, semua hal yang berkaitan dengan bisnis dan pelaksanaannya bisa dilakukan secara otomatis dan sistematis. Bahkan, pemilik usaha tidak perlu menangani langsung secara manual.

Hal ini tentu dapat menghemat lebih banyak waktu dan tenaga. Selain itu, adanya aplikasi semacam ini juga dapat menjadi cara untuk menghemat anggaran karena dapat memprediksi kebocoran dana atau masalah keuangan lainnya.

6 Aplikasi UMKM yang Dibutuhkan untuk Mengembangkan Bisnis

Kerja keras memang diperlukan dalam menjalankan bisnis apapun. Namun, kerja keras juga harus disertai dengan kerja cerdas agar lebih efisien di segala bidang. Salah cara efisiensi tersebut adalah dengan menggunakan beberapa jenis aplikasi seperti berikut ini:

? Aplikasi Laporan Keuangan

Seperti yang diketahui, di dalam sebuah bisnis, keuangan adalah wilayah yang rentan. Salah langkah sedikit saja dalam pengelolaan keuangan, maka ada kemungkinan bisnis akan mengalami kerugian bahkan kebangkrutan.

Itulah sebabnya para pemilik bisnis harus senantiasa membuat laporan keuangan yang cermat dan tertib. Jurnal keuangan yang dibuat harus sesuai dengan aliran dana keluar masuk yang berpengaruh pada aktiva perusahaan.

Ada banyak bentuk laporan keuangan misalnya invoice, perhitungan pajak, laporan laba rugi, persediaan stok barang dan masih banyak lagi. Akan lebih baik jika sebuah usaha memiliki aplikasi yang bisa mencakup sema laporan keuangan.

? Aplikasi Catatan dan To-do-list

Banyak pengelola UMKM masih berpikir bahwa mencatat kegiatan sehari-hari dan juga perencanaan kegiatan reguler dan bulanan bukanlah hal yang penting. Terkadang mereka lebih mengandalkan ingatan saja dan menganggap bahwa aplikasi pengingat dan catatan tidaklah penting.

Padahal, sebagai manusia, kita pasti pernah keliru dalam mengingat sesuatu. Untuk menghindari hal tersebut, tidak ada salahnya untuk mencatat semua kegiatan yang akan dilakukan. Ada banyak aplikasi yang menyediakan sarana serupa.

Bahkan ada juga aplikasi yang menambahkan fitur pengingat catatan. Sehingga, saat Anda sudah menyetel tanggal dan jam tertentu, aplikasi tersebut akan berbunyi dan mengingatkan Anda akan jadwal yang sudah disusun,

Dengan demikian, tidak akan ada lagi kegiatan yang terlewatkan. Selain itu, pengorganisasian waktu juga akan lebih efisien sehingga jadwal bisa terlihat dengan jelas.

? Aplikasi Design

Promosi adalah salah satu cara sebuah bisnis untuk mengenalkan produk sekaligus membantu menaikkan pendapatan. Untuk bisa menarik pelanggan, tentunya dibutuhkan tampilan promosi yang eye catching atau mempesona mata.

Dengan aplikasi UMKM yang berguna untuk desain, Anda dapat membuat logo, banner, unggahan media sosial dan berbagai desain produk lainnya dengan lebih baik. Bahkan, mereka yang tidak memiliki dasar desain pun masih bisa membuat produk yang sederhana dengan aplikasi ini.

Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan dan semuanya tinggal diunduh dari internet. Baik itu aplikasi berbayar maupun gratis, umumnya sudah memiliki fitur yang diperlukan untuk menghasilkan desain yang cantik.

? Aplikasi Obrolan

Sebuah bisnis tidak bisa berjalan sendiri. Produsen tidak bisa hanya mengandalkan produk mereka saja tanpa membangun relasi yang hangat dengan konsumen mereka. Produsen tentu membutuhkan konsumen dan juga sebaliknya.

Untuk bisa mendapatkan timbal balik dari produk yang dibeli serta mendapatkan informasi seputar hal yang dibutuhkan pelanggan, ada banyak aplikasi UMKM yang menyediakan fitur obrolan. Dengan demikian, produsen bisa mengobrol langsung dengan konsumen perihal produk mereka.

Aplikasi ini juga bisa diintegrasikan dengan aplikasi obrolan lainya, seperti WhatsApp Business dan juga berbagai marketplace. Anda hanya perlu membuka satu dashboard saja dan sudah bisa memantau semua aplikasi obrolan yang terintegrasi.

? Tools Digital Marketing

Pemasaran secara digital sudah banyak digunakan oleh para pengusaha UMKM. Hal ini dikarenakan banyak pelanggan yang juga memanfaatkan media sosial dalam kehidupan sehari-hari, sehingga menyisipkan iklan di media tersebut akan lebih banyak menyerap pelanggan potensial.

Aplikasi viral tentang digital marketing menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak dicari. Dengan produk semacam ini, maka pelaku UMKM bisa menganalisis produk marketing yang paling sesuai untuk usaha mereka.

Mereka juga dapat melihat jam potensial saat menayangkan iklan, bentuk iklan yang menarik, target pasar yang tepat serta berbagai macam kemampuan lainnya.

? Aplikasi Sumber Daya Manusia

Aplikasi UMKM semacam ini seringkali tidak dianggap penting karena memang masih bsia dilakukan secara manual. Salah satunya adalah data absensi dan juga payroll. Namun, jika pelaku UMKM ingin berkembang, tentunya perlu mempertimangkan keberadaan apliaksi semacam ini.

Dengan menggunakan aplikasi, semua kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya mausia bisa terpantau dengan lebih mudah. Selain itu, semua kegiatan akan otomatis tercatat sehingga mengurangi kemungkinan kecurangan.

Keuntungan Menggunakan Aplikasi UMKM

Beralih dari sistem manual ke sistem digital memang membawa perubahan yang belum sepenuhnya diterima semua orang. Namun, jika melihat lebih banyak keuntungan yang diberikan aplikasi semacam ini, pasti banyak pelaku UMKM beralih ke sistem digital dengan aplikasi UMKM.

? Hemat Biaya

Salah satu anggaran yang bisa ditekan ketika menggunakan sistem digital semacam ini adalah bukti cetak, baik itu faktur pembelian dan penjualan, faktur pajak, nota, data absensi dan masih banyak lagi.

Dengan menggunakan sistem yang terkomputerisasi, maka semua data akan tersimpan di dalam sistem. Ketika seseorang membutuhkan data tersebut, mereka bisa mengaksesnya ke dalam sistem dan tidak perlu adanya bukti cetak lagi.

Invoice yang dikirimkan ke pembeli pun juga dapat dikirimkan lewat e-mail atau aplikasi lainnya. Jelas hal ini lebih hemat daripada mengirimkan tagihan secara manual. Cara ini juga termasuk pemanfaatan aplikasi ramah lingkungan karena tidak banyak kertas yang terbuang.

? Otomatisasi

Semua kegiatan yang terjadi di dalam lingkup UKM dan UMKM akan tercatat secara otomatis. Bahkan, untuk laporan keuangan pun dapat langsung disajikan dengan mudah karena sudah ada data yang diperlukan di dalam sistem dan tinggal diolah saja.

Semua pencatatan transaksi dan kegiatan yang berkaitan dengan bisnis akan dilakukan dengan tertib sehingga memudahkan hasil akhirnya. Aplikasi UMKM semacam ini tentu menghemat waktu karena semua tersaji secara instan dan dapat dipantau dari mana saja.

? Akurat

Karena sistem dikerjakan dengan komputer dan sudah terdapat fitur analisisnya, maka semua data yang disajikan sudah dipastikan akurat. Dengan menggunakan sistem dan aplikasi semacam ini, pengusaha UKM dan UMKM bisa meminimalisasi terjadinya kecurangan di berbagai bidang.

Selain itu, pelaku usaha juga dapat memantau keadaan bisnisnya dengan lebih mudah. Bukan hanya tentang kondisi keuangan, tetapi juga tentang potensi sumber daya manusia yang mereka miliki.

? Data Aman

Saat menggunakan sistem manual, ada kemungkinan berkas yang disimpan hilang atau rusak. Hal ini tidak akan terjadi ketika menggunakan aplikasi UMKM. Hal ini disebabkan data disimpan di dalam sistem dan dapat dicadangkan di cloud.

Dengan demikian, pelaku usaha memiliki cadangan dokumen semua transaksi yang terjadi selama rentang waktu tertentu. Jika pun perangkat rusak, data akan tetap aman karena dapat diambil kembali dari cloud.

Aplikasi UMKM dari Mekari

Mekari merupakan salah satu platform yang menyediakan berbagai macam aplikasi yang berguna untuk pengembangan UKM dan UMKM. Beberapa produk yang dimiliki antara lain:

? Mekari Talenta

Salah satu produk andalan dari Mekari yang mengusung kebutuhan Human Resources atau Sumber Daya Manusia ini dapat mempermudah dalam pengelolaan data dan segala keperluan karyawan terkait dengan perusahaan.

Dengan aplikasi UMKM ini, pelaku usaha dapat mengoptimasi proses pembayaran gaji, absensi karyawan, pengajuan cuti hingga kredit karyawan. Semua juga terintegrasi dalam suatu dashboard yang mudah dipantau dan diakses di mana pun dan kapan pun.

? Mekari Jurnal

Perangkat lunak satu ini juga merupakan perangkat terlaris dari Mekari yang berisi tentang aplikasi laporan keuangan yang disajikan secara online. Fitur yang disediakan oleh perangkat lunak keuangan ini salah satunya adalah proses pembukuan yang dilakukan secara otomatis,

Selain itu sistem ini juga terintegrasi dengan sistem perpajakan, POS, dan payroll dan keuntungan lain menggunakan aplikasi ini adalah koneksi langsung dengan akun bank.

? Mekari Klikpajak

Mengelola pajak sudah bukan menjadi kegiatan yang melelahkan lagi semenjak adanya Klikpajak dari Mekari. Perangkat lunak satu ini dapat membantu pelaku usaha untuk membuat e-faktur, e-filling SPT badan tahunan, e-billing, pengarsipan pajak dan masih banyak fitur lainnya.

? Mekari Flex

Setiap perusahaan yang berkualitas pasti juga akan memperhatikan karyawannya. Salah satu caranya adalah dengan memberikan manfaat berupa tunjangan, asuransi dan segala macam manfaat lain dari perusahaan.

Berbeda perusahaan bisa saja memiliki jaminan manfaat yang berbeda pula untuk karyawannya. Dengan aplikasi UMKM yang satu ini maka pemilik usaha dapat menyalurkan program bermanfaat mereka kepada karyawan secara tepat.

? Mekari Qontak

Komunikasi dengan tim dan konsumen adalah jalan untuk bisa mempertahankan bisnis. Untuk itulah Mekari mempersembahkan Mekari Qontak yang dapat digunakan untuk membangun komunikasi antar tim dan juga komunikasi dengan konsumen,

Fitur lain yang disediakan oleh perangkat lunak satu ini adalah tampilan database 360 derajat yang berisi tentang pelanggan, percakapan, status penawaran, dan titik kontak dengan perusahaan. Kemudian aplikasi ini juga memungkinakn untuk memonitor aktivitas tim lapangan secara real-time

Fitur lain yang tidak kalah penting dari aplikasi UMKM Mekari Qontak adalah pengaturan hirarki akses basis data.

? Mekari e-Sign

Perangkat lunak terakhir yang ditawarkan oleh Mekari adalah Mekari e-Sign yang memudahkan pelaku UKM dan UMKM untuk menandatangani dokumen. Aplikasi ini sudah terjamin keamanannya karena sudah dilengkapi dengan sertifikasi khusus, salah satunya adalah Adobe AATL.

Sertifikasi ini berlaku untuk seluruh dunia. Sedangkan untuk tingkat nasional, penggunaan aplikasi ini juga sudah mendapat pengawasan dari KOMINFO. Dengan menggunakan aplikasi ini, pengguna dapat menandatangani dokumen dan mengirimkannya langsung tanpa perantara.

Selain tanda tangan, aplikasi ini juga menyediakan materai, kontrak dan stempel digital. Semuanya sudah terstandarisasi sehingga memiliki kekuatan hukum.

Mempertahankan bisnis agar tetap berjalan baik dan meningkatkan pendapatan juga harus diiringi dengan penggunaan teknologi. Dengan demikian, semua kegiatan dapat termonitor dan dapat dievaluasi dengan cepat.

Semua kebutuhan aplikasi UMKM dapat ditemukan dengan mudah di Mekari. Anda juga dapat memilih uji coba gratis selama 14 hari dan juga konsultasi terkait dengan aplikasi yang Anda butuhkan.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi