Apa itu Aplikasi Absensi Selfie, Apakah Efektif?

Apa itu Aplikasi Absensi Selfie, Apakah Efektif?
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Memberikan informasi pengertian aplikasi absensi selfie, macam aplikasinya beserta keunggulan, kekurangan dan manfaatnya jika diterapkan oleh perusahaan.

Aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan membutuhkan absensi sebagai pengukuran kinerja dan menentukan gaji yang didapatkan. Perkembangan teknologi kian pesat menyediakan banyak pilihan cara absensi termasuk memakai aplikasi absensi selfie. Informasi lebih lengkapnya di penjelasan berikut.

Apa itu Aplikasi Absensi Selfie?

Definisi APK absensi online yaitu platform ataupun alat yang berfungsi untuk memantau karyawan perusahaan dengan online. Keberadaan absensi sistem online baik berbasis web maupun mobile memudahkan pemantauan seorang HRD.

Apalagi saat ini terdapat APK absensi online yang sudah terintegrasi dengan sistem lain sehingga operasional seorang HRD lebih mudah. Umumnya integrasi APP ini bisa dengan sistem payroll ataupun aturan cuti di perusahaan.

aplikasi absensi selfie merekap semua pencatatan kehadiran seluruh karyawan memakai sistem cloud yang terintegrasi di database sehingga tidak perlu melakukan rekap ulang. Pemakaian APK ini bisa dipantau dimana saja dengan syarat memiliki koneksi internet.

Perbedaan Aplikasi Absensi Selfie dan Konvensional

Sudah tahu mengenai pengertian dari APK absensi online, berikutnya Anda perlu perbedaanya dengan absensi secara konvensional. Perbedaan yang pertama bisa dilihat dari aktivitas rekapitulasi, di sistem online rekapitulasi sudah secara otomatis sedangkan konvensional masih perlu merekap manual.

Selanjutnya cara melakukan absensi, jika absensi online Anda menggunakan smartphone masing-masing sedangkan konvensional memakai alat yang disediakan oleh perusahaan. Dari segi antrian aplikasi absensi selfie tidak perlu mengantri karena bisa dilakukan tanpa harus datang di perusahaan pun bisa.

Selain itu memakai sistem absensi yang konvensional membutuhkan biaya maintenance alatnya. Namun, jika memakai aplikasi tidak membutuhkan biaya perawatan, pengeluaran biaya hanya untuk pembelian aplikasinya saja.

Kekurangan Aplikasi Absensi Selfie

Sebelum membahas kelebihan Anda juga perlu tahu apa yang menjadi kekurangan aplikasi absensi secara online. Berikut ini kekurangan dari APK absensi yang bisa Anda ketahui.

Cara Kerjanya Bergantung dengan Kuat Lemahnya Sinyal

Sesuai namanya aplikasi ini memang membutuhkan sinyal dan konektivitas internet yang baik. Jadi apabila Anda tidak mempunyai sinyal yang baik, maka bisa menjadi kendala ketika ingin melakukan absensi. Kemungkinan buruk yang bisa Anda alami yaitu absensi tidak bisa masuk dan tercatat di sistem.

Ditinjau dari segi ini, aplikasi absensi selfie bisa merugikan karyawan. Sebagai karyawan Anda juga harus mempunyai smartphone yang mendukung sistem yang ditetapkan perusahaan. Hal ini menyebabkan karyawan harus mengeluarkan biaya apabila smartphone yang dimiliki tidak bisa digunakan.

Bisa Terjadi Sistem Bug (Error) Pada Aplikasi Absensi Selfie

Kekurangan lainnya bisa datang dari terjadinya error pada sistem sehingga tidak bisa menerima absensi yang masuk. Dari segi ini karyawan bisa dirugikan karena gaji yang diperolehnya tergantung dengan data masuk yang tercatat di sistem. Namun, memilih aplikasi yang kredibelnya bagus hal ini bisa diatasi.

Memungkinkan Terjadinya Kecurangan

Sistem kerja aplikasi absensi secara online juga memungkinkan adanya kecurangan yang terjadi. Kecurangan yang dimaksud adalah tidak bisa mengidentifikasi bahwa ketika ada pegawai yang izin dengan alasan sakit.

Menanggapi hal tersebut pihak perusahaan dapat memperketat aturannya seperti harus melampirkan surat keterangan sakit yang dikeluarkan oleh dokter setempat. Surat bisa dilampirkan via online terlebih dahulu dan untuk bukti secara fisiknya dapat menyusul.

Kelebihan Absensi dengan Aplikasi Online

Setiap aplikasi tentu punya kelemahan, namun selama kekurangan tersebut masih bisa diatasi tentu tidak menjadi masalah besar. Berikut kelebihan dari aplikasi absensi selfie yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan menggunakannya.

Sistem Keamanan Data Terjamin

Memilih aplikasi absensi selfie perusahaan tidak perlu khawatir datanya akan bocor dan tersebar di internet. Aplikasi absensi meskipun secara online mempunyai sistem keamanan data yang terjamin. Oleh karena itu dalam memilih jasa penyedia APK absensi online Anda harus tahu kredibilitasnya.

Berbasis cloud dengan pusat data secara internasional membuat perusahaan tidak perlu merasa cemas apabila terjadi kerusakan dan kehilangan. Karena seluruh data yang tersimpan di pusat ada backup-nya. Biasanya server cloud kelas internasional yang digunakan seperti dari Windows Azure dan AWS.

Menghemat Anggaran

Keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan memilih aplikasi absensi selfie yaitu bisa meminimalisir anggaran. Mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan penerapan sistem cloud membuat perusahan tidak perlu melakukan pembelian software maupun hardware.

Pembayaran yang perlu dilakukan oleh perusahan hanya untuk pembelian aplikasinya. Sedangkan jika tidak memakai sistem ini selain biaya hardware dan software, perusahaan juga memerlukan tambahan ahli IT untuk keperluan maintenance.

Lebih Efisien

Keefisienan dari penggunaan aplikasi absensi secara online menguntungkan bagi HRD maupun karyawan lainnya. HRD dimudahkan dalam pemantauan data-data secara real time dan tentunya informasi di sistem itu lengkap dengan kinerja yang tercatat.

HRD juga lebih cepat dan efektif dalam menyusun alokasi gaji serta tunjangan yang menjadi hak karyawan. Bagi karyawan dimudahkan dengan akses kinerja yang dilakukan, sehingga mengetahui waktu cuti yang belum diambil dan pengajuannya pun menjadi lebih simpel apabila mau cuti.

Fitur yang Ada di Aplikasi Absensi Selfie

Aplikasi absensi selfie ini mempunyai beberapa fitur yang perlu Anda ketahui. Apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut rangkumannya yang bisa Anda simak.

Absensi (Clock in dan Clock out)

Fitur yang selalu ada di aplikasi absensi adalah perekaman ketika clock in dan clock out. Biasanya di fitur tersebut juga didukung oleh sistem GPS yang terintegrasi. Melalui fitur itu HRD bisa melakukan pemantauan berdasarkan real time yang lengkap dengan jam kerja masing-masing pegawainya.

Over Time

Fitur berikutnya yang biasa ditemukan di aplikasi absensi adalah overtime. Fitur ini dibuat untuk melakukan rekapitulasi hal yang berkaitan dengan waktu lembut. Baik mencatat pengajuan lembur, pemberitahuan waktu lembur dan jumlah lembur yang sudah dikerjakan.

Cuti

Selanjutnya selain lembur fitur di aplikasi itu juga ada untuk mengajukan time of (cuti). Melalui aplikasi absensi karyawan lebih mudah dalam mengajukan cuti, dan pihak perusahaan pun juga lebih mudah dalam melakukan pengontrolan. Fitur tersebut juga membantu dalam proses pengukuran produktivitas.

Working Schedule

Berikutnya di aplikasi absensi selfie bisanya juga dilengkapi fitur working schedule. Fitur tersebut berguna bagi HRD dalam mengatur jadwal kerja masing-masing karyawannya dengan lebih efisien.

Payroll

Fitur yang harus ada di aplikasi absensi selfie berikutnya yaitu mengenai Payroll. Melalui fitur tersebut perusahaan tidak perlu ribet dalam melakukan perhitungan gaji karyawannya, karena jumlah absensi yang terinput sudah direkapitulasi secara otomatis.

Tidak hanya HRD saja yang diuntungkan dengan fitur Payroll ini, melainkan bagian keuangan di perusahaan juga terbantu dengan fitur di APK absensi online tersebut.

Lend App

Fitur ini tersedia di beberapa aplikasi absensi, Lend App berfungsi untuk memudahkan penggunanya ketika melakukan absensi. Karyawan yang smartphone-nya tidak mendukung di aplikasi ini bisa meminjam ponsel rekan kerjanya untuk melakukan absensi.

Lend App ini sangat membantu saat karyawan ponselnya tertinggal, lowbat bahkan tidak memiliki handphone yang mendukung. Ini bisa menjadi solusi bagi perusahaan dengan karyawan yang tidak memiliki fasilitas smartphone mendukung.

Reporting

Fitur reporting di aplikasi absensi juga penting bagi suatu perusahaan besar. Dengan fitur tersebut perusahaan menjadi lebih mudah mengecek laporan durasi kerja masing-masing karyawannya. Selain itu, dengan melihat fitur reporting HRD bisa mengamati trend kedatangan pegawainya pada setiap bulan.

Manfaat Aplikasi Absensi Selfie untuk Perusahaan Apa Saja?

Di dalam aplikasi absensi telah dilengkapi dengan fitur-fitur yang tentunya bermanfaat bagi perusahaan yang menerapkannya. Apa saja manfaat yang bisa didapatkan? Berikut penjelasannya secara detail.

Menghemat Biaya

Sisi positif yang dirasakan oleh perusahan bila beralih memakai aplikasi absensi selfie adalah pengeluaran dapat ditekan. Aplikasi ini membuat perusahaan lebih hemat dikarenakan tidak perlu membeli alat absensi dengan jumlah banyak jika perusahaan memiliki beberapa lokasi terpisah.

Pemantauan Secara Real Time

Selain lebih hemat manfaat dari memakai aplikasi absensi di perusahaan yaitu bisa dipantau secara fleksibel tanpa perlu ke kantor pun bisa dan tentunya data-data tersebut diambil secara real time. Hal tersebut juga lebih mudah apabila ingin mensinkronisasi data, karena semua tersimpan di cloud.

Perhitungan Rekapitulasi Kinerja Karyawan Lebih Akurat

HRD perusahaan juga merasakan manfaat menggunakan APK ini, khususnya saat melakukan perhitungan jam kerja masing-masing karyawannya. Perhitungan ini akan secara otomatis di satu aplikasi ini lengkap dengan durasi kerjanya.

Sehingga hasilnya lebih akurat, dan perusahaan pun bisa dengan mudah menentukan gaji yang harus dibayar sesuai dengan total waktu kerja. HRD juga tidak perlu melakukan perekapan secara manual karena semua data nya langsung secara otomatis rekapitulasi.

Rekomendasi Aplikasi Absensi Selfie Terpercaya

Tentu untuk mencari aplikasi absensi untuk perusahaan tidak boleh sembarangan. Terlebih jika perusahaan mempunyai data-data penting yang harus dijaga kerahasiaannya. Memilih aplikasi absensi selfie terpercaya bisa Anda temukan di aplikasi Talenta.

Mengapa harus aplikasi Talenta? Karena di aplikasi tersebut perusahan Anda bisa mempunyai aplikasi absensi selfie low budget dan fitur-fitur yang ditawarkannya pun lengkap. Di aplikasi Talenta ini memiliki setidaknya 8 fitur unggulnya.

Fitur tersebut meliputi cloud yang digunakan di aplikasi ini sudah tersertifikasi ISO 27001, sehingga data perusahaan dijamin keamanannya. Terdapat tampilan dashboard khusus untuk melakukan pembuatan jadwal istirahat karyawan, dan pengelolaan laporan absensi.

Selain fitur itu di Talenta juga dilengkapi dengan metode swafoto dan FR (face recognition) sehingga meminimalisir terjadinya kecurangan. Fitur di Talenta juga terhubung dengan sistem payroll dan fingerprint. Absensi dengan APK ini juga bisa melalui ponsel dengan penerapan metode geotag.

Kelebihan aplikasi absensi ini yaitu yang tercatat di sistem aplikasinya adalah berdasarkan waktu real. Sistem di Talenta ini juga sudah terintegrasi dengan sistem gajian secara otomatis. Anda juga bisa melakukan transfer di Talenta dengan payroll tanpa perlu terbebani biaya administrasi.

Sudah tahu kan setelah membaca ulasan di atas bahwa beralih ke sistem aplikasi absensi selfie membuat pekerjaan lebih efektif dan keakuratan data yang dihasilkan terjamin. Selain dari segi efektivitasnya beralih ke aplikasi absensi juga bisa hemat biaya perusahaan.

Bagi Anda yang sedang mencari aplikasi terbaik untuk absensi perusahaan bisa memakai Talenta. Informasi lebih lanjut mengenai perhitungan biaya untuk bisa memakai aplikasi ini, anda dapat mengunjungi website resmi Talenta.co

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi