Kapolres Langkat Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual

Kapolres Langkat Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Secara Virtual
Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Stabat - Kapolres Langkat, AKBP Danu Pamungkas Totok, mengikuti upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila secara virtual di aula Wirasatya Mapolres Langkat, Jalan Proklamasi, Kelurahan Kwala Bingai, Kecamatan Stabat, Rabu (1/6).

Upacara juga diikuti pejabat utama. Dijelaskan Kapolres, pelaksanaan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini dilaksanakan di Kabupaten Ende, Provinsi Nusa Tenggara Timur, dipimpin Presiden RI Jokowi sebagai Inspektur Upacara, dan bertindak sebagai Perwira Upacara Brigjend TNI Harvendi serta selaku Komandan Hpacara Kolonel Inf. Tunjung Setia Budi.

Amanat Presiden Jokowi menyampaikan bahwa Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila yang kemudian disahkan oleh PPKI sebagai dasar negara serta mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.

“Dari Kota Ende saya mengajak kepada seluruh anak bangsa untuk bersama-sama membumikan Pancasila, dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam berbangsa dan bernegara,” ujar Jokowi.

Pancasila bukan hanya telah mempersatukan anal bangsa, tapi telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian. Ini sudah dibuktikan berkali kali dalam perjalanan sejarah bangsa.

“Saya selalu ingatkan kita harus benar-benar mengamalkan dan memperjuangkan Pancasila, dan kita wujudkan dalam sistem kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan,” tandasnya.

(HPG/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi