Tokopedia

Jumlah Transaksi Produk UKM dan IKM Lampung Meningkat

Jumlah Transaksi Produk UKM dan IKM Lampung Meningkat
Tokopedia memberikan fasilitas eksklusif seperti landing page atau halaman khusus BBI Lagawi Fest Lampung. (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Lampung - Tokopedia terpilih sebagai Top Brand dan diberi kepercayaan untuk mendukung Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI) Lagawi Fest oleh Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Provinsi Lampung. Di program ini, Tokopedia memberikan pelatihan kepada lebih dari 200 UKM dan IKM Lampung yang telah melalui proses kurasi oleh Kementerian Perindustrian (Kemenperin) dan Pemerintah Provinsi Lampung.

Direktur Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Tokopedia, Astri Wahyuni, mengatakan Lampung memiliki potensi UMKM yang besar. Terlihat dari data internal Tokopedia yang menyebutkan pada kuartal pertama 2022 terjadi kenaikan transaksi produk UKM lokal sebanyak hampir 2,5x lipat pada halaman khusus kampanye BBI dibandingkan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Untuk itu, Tokopedia semakin gencar memberikan pendampingan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berusaha secara online bagi para UKM dan IKM di Lampung,” kata Astri, Kamis (23/6).

Misi Tokopedia untuk mendukung UMKM Indonesia selaras dengan Kementerian Perindustrian yang secara konsisten mendukung Gernas BBI dan menggandeng Pemerintah Provinsi Lampung untuk mengangkat beragam potensi kekayaan dan kemampuan industri di tanah air.

“Kami mengapresiasi upaya lebih yang dilakukan Tokopedia dalam mendukung Gernas BBI, khususnya melalui Lagawi Fest, dengan memberikan serangkaian pelatihan kewirausahaan kepada UMKM dan IKM di Lampung. Hal ini dapat membantu meningkatkan daya saing pegiat usaha di Indonesia, serta mendorong mereka menjadi raja di negeri sendiri. Kami juga terus mengimbau lebih banyak masyarakat untuk memakai produk buatan Indonesia, sesuai dengan semangat Gernas BBI,” ucap Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita.

UKM Lampung yang Terpilih Tingkatkan Literasi Bisnis Digital

UKM yang telah mendapatkan penilaian baik di antaranya masuk dalam kategori Kecantikan, Kesehatan, serta Ibu dan Anak. Merek lokal produk kecantikan asal Lampung After Beaute yang punya produk lip cream nude ini laris berjualan di Tokopedia, meskipun usia usahanya baru satu tahun. Penjualannya pun menjangkau pembeli hingga ke Manokwari.

IKM Suhita Bee Farm yang memproduksi madu berkualitas menyebutkan hanya mengandalkan penjualan produknya secara online di Tokopedia. Menurutnya, strategi ini meningkatkan penjualannya saat pandemi karena proses pengiriman barang dan penanganan masalah yang praktis.

Sedangkan Beeme Indonesia, menjadi UKM terpilih yang bergerak di bidang perawatan kecantikan berbahan dasar alami yang aman untuk ibu hamil, menyusui dan diklaim aman untuk bayi. Uniknya, BeeMe mengedukasi peternak lebah di Lampung agar mengetahui manfaat lilin lebah untuk perawatan kulit. Menurut pemilik, sejak pandemi kesadaran merawat diri bagi para ibu yang bekerja di rumah justru meningkat.

Untuk mewujudkan sinergi antara Tokopedia, Kementerian Perindustrian dan Pemerintah Provinsi Lampung mendukung UKM dan IKM Lampung yang memiliki kualitas baik, Tokopedia memberikan fasilitas eksklusif seperti landing page atau halaman khusus BBI Lagawi Fest Lampung.

Selain itu, untuk mendukung jangkauan IKM dan UKM ini Tokopedia juga turut membantu dalam melakukan promosi yakni melalui penyediaan halaman khusus untuk produk unggulan Lampung yang terkurasi dan dapat diakses melalui laman Bangga Lokal di aplikasi Tokopedia.

Selain itu, Tokopedia yang adalah bagian dari grup GoTo, ekosistem digital terbesar di Indonesia yang mencakup Gojek, Tokopedia dan GoTo Financial juga mendorong pemasaran bagi IKM dan UKM Lampung melalui berbagai inisiatif Hyperlocal seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) Lampung dan kampanye PASTI (Paket Sehari Tiba).

Melalui berbagai aktivasi ini, harapannya penjual dapat meningkatkan awareness terhadap keunggulan produk lokal Lampung, sedangkan calon pembeli dapat menikmati produk dengan harga terjangkau, mulai dari Rp1 ribu, diskon ongkir Gosend, beli banyak gratis hadiah, hingga cashback Rp150 ribu.

Bentuk Dukungan Tokopedia Terhadap UKM dan IKM Lampung

Penandatanganan MoU dengan Pemerintah Provinsi Lampung, menandai komitmen Tokopedia untuk bersinergi dengan pemerintah memajukan UKM dan IKM di Lampung agar bisa naik kelas berjualan secara online, sehingga dapat menjangkau pasar yang lebih luas.

"Kami mendukung penuh peran Tokopedia dalam membantu memberikan pelatihan kepada para pelaku usaha di provinsi Lampung serta mempromosikan produk lokal asal Lampung. Hal ini sejalan dengan tujuan dari pemerintah provinsi Lampung untuk memperkenalkan berbagai produk lokal berkualitas yang tentunya memiliki potensi yang sangat tinggi untuk dikenal dan digunakan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Selain itu, kami juga berharap inisiatif ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di provinsi Lampung untuk mewujudkan Lampung berjaya,” ucap Gubernur Lampung, Arinal Djunaidi.

Selain itu, Tokopedia turut mendukung rangkaian kegiatan Gernas BBI dan penyelenggaraan kick off Lagawi Fest yang diselenggarakan bertepatan dengan perayaan Hari Ulang Tahun ke-58 Provinsi Lampung yang dilaksanakan pada 18 Maret 2022.

(JG/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi