Jemaah Calon Haji Diberangkatkan dari Mekkah ke Arafah dalam 3 Tahap

Jemaah Calon Haji Diberangkatkan dari Mekkah ke Arafah dalam 3 Tahap
Tenda yang akan digunakan jemaah haji untuk melaksanakan wukuf di Arafah (ANTARA/Desi Purnamawati)

Analisadaily.com, Mekkah - Kepala Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Mukhammad Khanif mengatakan, jemaah calon haji mulai diberangkatkan dari Mekkah ke Arafah pada Kamis (7/7) dalam 3 trip atau tahap.

"Trip pertama pukul 07.00 sampai 10.00 Waktu Arab Saudi (WAS), tahap kedua pukul 10.00 sampai 14.00 dan tahap ketiga pukul 14.00 sampai 17.00," kata Khanif di Mekkah, dilansir dari Antara.

Lebih lanjut, dia mengatakan, masing-masing maktab akan memberangkatkan jamaah dengan 16 bus yang diurutkan berdasarkan penentuan oleh maktab dan ketua-ketua kloter.

"Jadi pemberangkatan bukan berdasarkan sektor, tapi per maktab. Jadi, maktab sudah membuat perjanjian dengan ketua-ketua sektor di masing-masing maktab. Semua maktab akan memberangkatkan, jadi kita memiliki urutan maktab dari 1-44," katanya.

Masing-masing maktab akan memberangkatkan jamaah sesuai kesepakatan dan petugas akan memonitor serta mengawal pergerakan jemaah haji di sektor. Diharapkan sampai dengan pukul 17.00 WAS seluruh jemaah haji sudah diberangkatkan dari Mekkah ke Arafah.

"Insya Allah pukul 17.00 jemaah sudah berangkat semua, dan kita berharap tahun ini lancar dan semua jemaah haji bisa diberangkatkan sebelum malam hari," kata dia.

Untuk memastikan semua jemaah diberangkatkan ke Arafah, petugas akan melakukan sweeping ke hotel-hotel jemaah di sektor-sektor. Begitu pula di Masjidil Haram, akan ada petugas khusus yang memastikan semua jemaah telah berangkat ke Arafah.

Setelah dinyatakan tidak ada lagi jemaah di Mekkah, baru kemudian petugas diberangkatkan ke Arafah. Khanif berharap jemaah haji menjaga kesehatan untuk pelaksanaan puncak haji pada Jumat, 8 Juli 2022. Jemaah juga bisa membawa bekal, seperti kurma untuk menambah asupan serta diingatkan selalu bawa air minum karena cuaca yang panas agar tidak dehidrasi.

(RZD)

Baca Juga

Rekomendasi