Walubi Akan Gelar Malam Cap Go Meh dengan Meriah dan Beri 100 Beasiswa Kuliah di IBBI

Walubi Akan Gelar Malam Cap Go Meh dengan Meriah dan Beri 100 Beasiswa Kuliah di IBBI
Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar dan Pembimas Budha Kemenag Sumut Budi Sulistiyo beserta jajaran Walubi diabadikan bersama usai rapat, Rabu (3/8) malam. (Analisadaily/Zulnaidi)

Analisadaily.com, Medan - Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Sumut memberikan beasiswa kepada 100 pemuda dan pemudi Sumatera Utara untuk kuliah di berbagai jurusan di Universitas IBBI Medan.

Demikian dikatakan Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar SE MM MH. Ini merupakan salah satu point rapat Pengurus Walubi Sumut di Restoran Maxim, Jalan Merak Jingga Medan, Rabu (3/8) malam. Rapat dihadiri Ketua Walubi Sumut Brilian Moktar, Pembimas Buddha Kanwil Kemenag Sumut Budi Sulistiyo, S.Ag., M.Pd.B, 10 pimpinan majelis anggota Walubi Sumut, Dewan Penyantun dan Dewan Kehormatan serta jajaran Universitas IBBI.

Untuk memperlancar kerja sama, katanya, Walubi Sumut membentuk tim khusus penyaringan. Koordinator Sailesh, Mei Mei, dan Siu Yong. Tim penaringan terhadap program beasiswa Universitas IBBI sebagai bentuk perpanjangan tangan bagi masyarakat Buddhis & non Buddhis yang memiliki minat untuk melanjutkan pendidikan pada Perguruan Tinggi IBBI.

Dr Lusiah SE MM, Direktur Marketing Universitas IBBI Medan menambahkan, beberapa syarat untuk mendapat beasiswa yakni, warga negara Indonesia, lulusan SMA/SMK tahun 2021/2022, nilai rata-rata raport semester kelas Xll semester ganjil minimal 80.

Kemudian, katanya, memiliki prestasi di bidang olimpiade sains, debat, olahraga, seni dan budaya menjadi nilai tambah serta bersedia mengikuti pelatihan kerja di Walubi Sumut atau di Universitas IBBI. Menurut Dr Lusiah, beasiswa ini merupakan program sosial mereka membantu generasi muda untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi. "Program beasiswa ini berupa gratis pendidikan sampai tamat sarjana baik di jurusan akuntansi, manajemen, sistem informasi, teknik informatika dan teknologi informasi. Perekrutan hingga akhir Agustus ini. Karena kita sudah kuliah bulan September," sebutnya.

Terkait beasiswa ini, Amrin Susilo Halim pendiri Universitas IBBI yang juga Dewan Kehormatan Walubi Sumut sangat apresiasi kepada Ketua Walubi Sumut yang peduli tentang dunia pendidikan, khususnya kepada calon mahasiswa yang berprestasi, tapi sulit melanjut keperguruan tinggi, karena persoalan ekonomi.

Brilian menambahkan, rapat juga membentuk panitia kegiatan 17 Agustus 2022. Ketua Budi Malem. Acaranya nanti, selain upacara HUT Kemerdekaan RI bekerjasama dengan Taman Bodhi Asri (Taba) juga acara di Taman Makam Pahlawan. Serangkaian kegiatan digelar berbagai macam perlombaan.

Selanjutnya, tambah Brilian lagi, Walubi juga merencanakan agenda Kebersamaan Malam Purnama (Cap Go Meh). Tujuannya penggalangan dana untuk kegiatan rutin Baksos Walubi Sumut dan kegiatan lainnya dalam rangka mengembangkan dan meningkatkan SDM Walubi yang berkualitas, berintelektual, berdaya guna dan mampu mengupgrade diri untuk bersaing di era saat ini.
"Acara didesain meriah diisi dengan beberapa MC, sejumlah artis Sumut dan ibukota dalam acara itu nanti," sebutnya.

Brilian juga meminta kepada semua Ketua Majelis berperan aktif dan mendukung setiap kegiatan Walubi Sumut agar masyarakat Buddhis dapat terbantu dan merasakan apa yang dibutuhkan masyarakat.

"Senantiasa mengupgrade diri untuk menjadikan diri sendiri menjadi seorang yang berkarakter Buddhis dan Berintelektual dari segi pendidikan agar dapat terjun ke masyarakat secara profesional dan dapat membantu sesuai kebutuhan umat Buddha," jelasnya.

Sebelumnya Pembimas Buddha Kemenag Sumut Budi Sulistiyo mendukung seluruh kegiatan Walubi Sumut terhadap program beasiswa yang bekerjasama dengan Universitas IBBI, dan kegiatan lainnya. Dia juga Lebih menitikberatkan kepada program pemberdayaan, Pelatihan & Penyuluhan Dharma Duta yang andal dan berkualitas agar terpenuhi kebutuhan Dharma Duta di Provinsi Sumatera Utara.

Bahkan, katanya, jika memungkinkan, diupayakan dibangun sekolah-sekolah Buddhis dan Rumah Sakit Buddhis untuk lebih membantu umat Buddha dan memberdayakan SDM Buddhis yang berkualitas

(NAI/JG)

Baca Juga

Rekomendasi