Dhiayul Hayati Minta Kualitas Perpustakaan di Medan Ditingkatkan

Dhiayul Hayati Minta Kualitas Perpustakaan di Medan Ditingkatkan
Guru memperkenalkan berbagai buku pelajaran kepada murid di perpustakaan sekolah TK Rumah Baca Anak Nanggroe Banda Aceh, Aceh, Senin (18/10/2021). (Antara)

Analisadaily.com, Medan - Keberadaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Medan dinilai belum mampu mendongkrak minat baca masyarakat di daerah ini.

"Bagaimana pun keberadaan suatu perpustakaan merupakan citra dari sebuah kota," kata anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Dhiayul Hayati dilansir dari Antara, Sabtu (6/8).

Dhiayul mengatakan, jika Pemkot Medan lebih mengutamakan pendidikan di daerah ini, seharusnya kualitas perpustakaan ditingkatkan. Ia juga meminta Pemkot Medan segera membangun perpustakaan yang menarik, sehingga mengundang warga untuk datang memanfaatkan perpustakaan.

"Pemkot Medan bisa ambil contoh perpustakaan di kota-kota besar, seperti Jakarta, Bandung atau Jogja, karena miliki perpustakaan yang sangat baik," terangnya.

Sebenarnya, ungkapnya, ada dana alokasi khusus (DAK) pemerintah pusat yang dapat diakses Pemkot Medan membangun suatu perpustakaan yang lebih baik.

"Dengan DAK itu, kita bisa bangun perpustakaan ikon Kota Medan. Saya sudah usulkan di Taman Ria Lama. Itu kan aset Pemkot Medan, dan kita buatkan yang bagus," tuturnya.

"Ada joglo-joglo. Jadi warga yang datang tak sekedar membaca, tapi juga bisa tempat rekreasi. Buatkan satu panggung untuk milenial. Yang mau 'standup comedy', peragaan busana, pertunjukan dan lainnya bisa di sana," terang dia.

Jika Pemkot Medan bisa mewujudkan perpustakaan dengan berbagai kegiatan di dalamnya, otomatis akan mendongkrak citra dan nama baik Wali Kota Medan Bobby Nasution.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi