PKB Akan Fasilitasi Pemulangan Seorang PMI yang Disekap Majikan di Malaysia

PKB Akan Fasilitasi Pemulangan Seorang PMI yang Disekap Majikan di Malaysia
Rusni bersama atase RI di Malaysia (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Deliserdang - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Deliserdang akan memfasilitasi pemulangan seorang Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang diduga disiksa majikan di Malaysia.

Korban bernama Rusni (49) warga Dusun I, Desa Lidah Tanah, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

“Kami akan terus memonitor dan mengawal kasus ini, dan berkoordinasi dengan otoritas setempat,” kata Ketua PKB Deliserdang, Said Hadi, Senin (5/9).

Kata dia, sebelumnya mendapat laporan tentang Rusni dari pengurus PKB Ranting Tanjung Baru, Haris Jafar, anak Rusni sendiri. Lalu, pihaknya menerukan informasi kepada Wakil Ketua DPW PKB Sumut, Abdul Muin Pulungan, kemudian sangat intens dengan masalah ini.

Di samping itu, Dita Indah Sari, Ketua DPP PKB, hadir dalam suatu acara PKB di Sumut, lalu masalah ini disampaikan juga. Atas peran Dita, kasus ini langsung dilaporkan ke KBRI dan atase di Kuala Lumpur, Malaysia.

Alhasil, majikan Rusni sudah ditangkap Polisi Diraja Malaysia dengan tuduhan melakukan tindak pidana mempekerjakan Rusni secara ilegal, tanpa izin kerja. Rusni juga sudah dimintai keterangan dan akan ditempatkan di rumah perlindungan di Kelantan sampai penyelesaian kasus majikannya selesai.

“Setelah itu dipulangkan ke Indonesia. Alhamdulilah, 10 hari kelar, tepatnya 2 September 2022 kemarin, dengan menempuh beberapa saat dalam perjalanan, pihak KBRI dan Polisi Diraja Malaysia mengawal langsung proses penjemputan Rusni ke Kelantan,” terangnya.

Said Hadi juga menyampaikan terima kasih atas bantuan semua pihak yang telah menyelamatkan Rusni dari penderitaannya. “Alhamdulillah, kita bisa bermanfaat bagi masyarakat. Inilah bukti PKB siap berada di barisan terdepan membela kepentingan rakyat,” sambungnya.

(KAH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi