7 Keuntungan Usaha Online Masa Kini dengan Jadi Dropshipper

7 Keuntungan Usaha Online Masa Kini dengan Jadi Dropshipper
Foto ilustrasi (Internet)

Analisadaily.com, Jakarta - Ingin membuka usaha di masa kini sudah tidak perlu memakan banyak biaya. Semua bisa dilakukan secara usaha online, dengan bantuan teknologi. Kalau kamu berencana untuk buka usaha online, satu-satunya cara tidak hanya dengan membuka toko online, tapi bisa juga jadi dropshipper atau bahkan reseller. Lalu, apa itu dropshipper?

Bagi kamu yang belum tahu, dropshipper merupakan sebuah kegiatan berjualan, tanpa perlu kamu menyediakan tempat atau bahkan menyetok barang tertentu. Seorang dropshipper cukup bermodalkan internet dan sosial media untuk mempromosikan suatu produk.

Apabila ada orang yang hendak memesan, seorang dropshipper hanya perlu menampung uang yang diberikan oleh pembeli dan kemudian memesan produk tersebut kepada supplier.

Asalkan kamu pintar dalam melakukan eksperimen promosi dan pemasaran, menjadi seorang dropshipper akan tetap menguntungkan.

Dapat Dilakukan di Mana Saja

Keuntungan pertama jadi seorang dropshipper yaitu dapat dengan mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Apalagi, dengan kehadiran berbagai teknologi yang bisa mempermudah kebutuhan dalam melakukan promosi barang.

Asalkan kamu memiliki internet dan gawai yang mumpuni, kamu sudah bisa melakukan promosi produk dropship kamu melalui berbagai jenis sosial media.

Tidak Perlu Modal Banyak

Hal yang satu ini mungkin jadi sebuah pertimbangan besar bagi seseorang yang hendak membuka usaha online. Dengan menjadi seorang dropshipper, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak biaya layaknya hendak membuka toko pertama kali. Apalagi, kalo produk yang hendak kamu jugal telah memiliki nama di kalangan masyarakat.

Kamu hanya perlu bersaing dan mengatur strategi agar mendapatkan pembeli dan tidak tersingkirkan oleh dropshipper lainnya.

Usaha Online Mudah untuk Menjalankannya

Tidak peduli kamu sedang berada di pelosok negeri sekalipun, selama ada internet dan gawai, kamu tetap bisa usaha online. Inilah kelebihan usaha online masa kini dibandingkan zaman dahulu. Apalagi, kalau kamu menggunakan sistem dropship sebagai usaha online bagi pemula.

Tugasmu hanya perlu mencari supplier yang menjual barang dengan harga murah, lalu kamu bisa mengatur biayanya sesuai dengan keinginanmu. Kalau dengan sistem dropship, kamu bisa menentukan harga suatu produk di luar harga asli dari supplier, yang itu bisa dijadikan sebagai keuntunganmu sebagai seorang dropshipper.

Tidak Perlu Melakukan Penyetokan Barang

Selain modal yang besar, tempat penyimpanan barang jadi salah satu hal yang perlu diperhatikan saat hendak usaha online, Bahkan, seorang reseller pun tetap perlu menyediakan barang, karena mereka membeli produk dari supplier dengan harga grosir dan kemudian dijual kembali sesuai dengan manajemen usaha mereka.

Namun, apabila kamu menjadi seorang dropshipper, kamu hanya perlu mencari pelanggan yang bersedia untuk memesan produk melalui usaha online-mu. Terkait tempat penyimpanan barang, stok barang, dan lain sebagainya, itu akan menjadi urusan supplier. Kalau stok barang masih banyak, kamu tidak perlu menyediakan tempat karena supplier lah yang akan menyimpannya.

Pun barang sedang habis, kamu tidak perlu khawatir untuk mencari ke sana ke sini produk tersebut. Karena sistem dropship memungkinkan seseorang untuk berjualan, dan memesan suatu produk pada supplier hanya ketika ada yang memesan.

Tidak Perlu Melakukan Pengemasan Barang

Keuntungan lainnya menjadi seorang dropshipper yaitu kamu tidak perlu mengeluarkan modal untuk mengemas barang. Karena kamu hanya perlu melakukan pemesanan kepada supplier, serta memberikan alamat lengkap pemesan dari kamu kepada supplier.

Nanti, supplier lah yang akan mengirimkan produk kepada pembeli, dan biasanya nama pengirim akan ditulis atas namamu sebagai seorang dropshipper.

Dapat Menjual Berbagai Jenis Produk yang Berbeda

Dengan sistem dropship, kamu dapat melakukan penjualan produk tidak hanya berpaku pada satu produk. Kamu bisa melakukan promosi untuk berbagai jenis produk yang berbeda. Ini akan dapat memperbesar keuntungan kamu sebagai seorang dropshipper karena menjual produk yang bervariasi.

Mudah untuk Memulainya

Keuntungan terakhir dari usaha online sebagai dropshipper yaitu mudah untuk memulainya. Kamu bahkan bisa memulainya saat ini juga, apabila kamu telah membuat toko online mu sendiri dan telah mendapat supplier sebagai penyalur produk yang hendak kamu jual.

Apabila kamu belum membuat toko online mu sendiri, kamu dapat bergabung menjadi affiliates Shopee dan dropshipper Shopee. Kamu bahkan dapat membuat akun usaha online mu sendiri dengan cara buka toko di Shopee melalui link berikut ini.

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi