Inilah Fungsi Set Top Box yang Perlu Anda Ketahui

Inilah Fungsi Set Top Box yang Perlu Anda Ketahui
Set Top Box (Internet)

Analisadaily.com, Bekasi - Saat ini teknologi yang berkaitan dengan televisi sudah semakin melaju pesat. Salah satu contohnya yaitu terhapusnya TV analog dan berganti dengan TV digital yang lebih canggih. Kehadiran TV digital ini tentunya memudahkan masyarakat dalam mengakses tayangan dengan gambar yang jernih dan lebih baik kualitasnya.

Untuk bisa mengakses tayangan TV berbasis digital ini, Anda memerlukan sebuah alat tambahan. Alat ini yaitu STB atau Set Top Box yang bisa Anda gunakan pada TV analog. Bagi Anda warga Bekasi, bisa cari Set Top Box Bekasi di berbagai e-commerce, seperti Shopee.

Ini artinya, jika di rumah Anda hanya ada TV analog, tak perlu menggantinya dengan TV digital. Cukup sediakan saja STB ini lalu hubungkan dengan TV analog tersebut. Lantas, apa sebenarnya fungsi dari STB ini?

Fungsi Set Top Box yang Perlu Anda Ketahui

Barangkali Anda belum begitu paham mengenai STB ini. STB merupakan sebuah alat yang berguna bagi Anda yang memiliki TV analog di rumah dan ingin menonton siaran TV digital. Set Top Box ini gratis penggunaannya. Anda tak perlu membayar iuran bulanan. Anda juga tak memerlukan koneksi internet untuk menghubungkannya.

Ini karena siaran TV digital telah terhubung dengan sistem televisi free to air. Untuk STB bersertifikat, alat ini memiliki fitur tambahan yakni Early Warning System. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan memberikan peringatan dini jika mendeteksi suatu bencana. Dengan peringatan ini, diharapkan dapat meminimalisir jatuhnya korban jiwa akibat bencana alam.

Supaya Anda lebih paham lagi, berikut ini beberapa fungsi STB yang sangat perlu untuk Anda ketahui, yakni:

1. Sebagai alat konversi sinyal digital

Fungsi utama dari STB adalah untuk mengonversi sinyal digital menjadi gambar dan suara lalu menampilkannya pada TV analog. Dengan kata lain, penggunaan Set Top Box ini akan mengubah siaran televisi analog menjadi digital. Jadi jika Anda memiliki TV analog di rumah jangan terburu-buru menggantinya dengan TV digital.

Anda bisa tetap menggunakan TV tersebut namun tentunya harus menambah satu alat yaitu STB. Sekarang alat ini telah banyak dijual di marketplace. Salah satunya adalah Set Top Box Bekasi. Di tempat ini Anda bisa memilih STB yang dibutuhkan dan dapat membelinya sesuai dengan dana yang tersedia.

2. Sebagai antena TV digital

Penggunaan STB juga berfungsi sebagai antena TV digital. Sebagai antena, STB akan menghasilkan kualitas siaran televisi yang HD, lebih bagus, tajam serta jelas daripada TV analog. Pastinya Anda tak akan menemukan lagi channel yang kualitas gambarnya buram, bergaris serta banyak semutnya.

3. Untuk menghemat biaya

Fungsi selanjutnya dari STB adalah untuk menghemat biaya. Maksudnya begini, jika ingin menyaksikan siaran TV secara digital, Anda tak perlu membeli televisi model terbaru. Anda tetap bisa menggunakan TV tabung atau analog dan hanya perlu membeli STB.

Harga sebuah STB cukup murah dan sangat jauh jika dibandingkan dengan harga satu buah televisi digital. So, dengan membeli STB Anda bisa hemat lebih banyak bukan?

4. Sebagai alat transmisi saluran

STB merupakan alat yang dapat mentransmisikan banyak pilihan saluran ke saluran tambahan pada sebuah televisi. Alat ini bekerja dengan menerima dan mendekode saluran digital TV yang dapat dilihat TV konvensional.

Sebagai alat transmisi, Anda dapat memanfaatkan STB untuk memilih penyedia tertentu, kemudian memfilter ke konten video yang ingin Anda lihat. Selain itu, Set Top Box juga mengandalkan komunikasi dua arah. Sehingga Anda sebagai penonton dapat memanfaatkan fitur interaktif.

Tips Membeli STB Agar Berfungsi Maksimal

Supaya Set Top Box bisa menjalankan fungsinya dengan maksimal, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika akan membelinya. Utamanya adalah Anda harus jeli dalam memilih supaya fungsi STB bisa Anda rasakan secara maksimal. Selain itu disarankan juga Anda harus membeli STB dengan beberapa pertimbangan dan tips berikut:

1. Memiliki sertifikat Kominfo

Ketika akan membeli STB, ada baiknya jika Anda mencari STB yang telah bersertifikat Kominfo. Pasalnya Kominfo merupakan badan yang mengatur semua regulasi yang berkaitan siaran TV digital di negara Indonesia. Saat Anda telah membeli STB bersertifikat ini, artinya Anda aman menggunakan STB tersebut.

2. Memiliki tanda khusus

Pada saat memilih STB, carilah STB yang memiliki tanda khusus yakni DVB-T2 yang tampak pada kemasannya. Lalu pilih juga STB yang bertuliskan Siap Digital atau bisa juga yang bergambar MODI. Dengan memilih STB ini, Anda telah mendapatkan jaminan keamanan produk dari produk STB tersebut.

3. Cek review

Supaya Anda tak menyesal, sebaiknya sebelum membeli STB, cek lebh dahulu review produk ini. Dengan begitu Anda akan menemukan STB yang tepat, pemasangannya mudah serta semua kelengkapan tersedia.

Setelah melakukan cek review dan menemukan jenis STB yang akan Anda beli, Anda bisa langsung memesannya melalui marketplace Shopee. Marketplace ini menyediakan berbagai tipe STB dengan harga yang terjangkau.

Bukan itu saja, Shopee bahkan menyediakan metode Pengiriman Instant. Jika Anda menggunakan metode pengiriman cepat Shopee ini, barang yang anda pesan akan tiba dalam waktu 2 jam. Anda juga bisa menikmati promo gratis ongkir hingga Rp50,000. Jadi tunggu apa lagi, segera beli STB di Shopee sekarang!

(REL/JG)

Baca Juga

Rekomendasi