Mesir Akan Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036

Mesir Akan Ajukan Diri Jadi Tuan Rumah Olimpiade 2036
Pemandangan cakrawala kota dan Sungai Nil dari gedung menara Kairo di ibu kota Kairo, Mesir 5 Desember 2019. (Reuters/Amr Abdallah Dalsh)

Analisadaily.com, Kairo - Kementerian Pemuda dan Olahraga Mesir menyatakan Mesir akan mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah Olimpiade Musim Panas 2036. Jika berhasil maka akan menjadikannya sebagai negara Arab atau Afrika pertama yang menjadi tuan rumah acara tersebut.

Presiden Mesir, Abdel Fattah Al-Sisi, memberi lampu hijau untuk mendaftar, Menteri Ashraf Sobhi menambahkan saat resepsi untuk Presiden Komite Olimpiade Internasional, Thomas Bach di Kairo.

Dilansir dari Reuters dan Channel News Asia, Minggu (25/9), pernyataan itu, yang dikeluarkan oleh kabinet Mesir, mengutip Bach yang mengatakan infrastruktur olahraga Mesir mampu menjadi tuan rumah acara tersebut.

Olimpiade musim panas akan diadakan di Paris pada tahun 2024, diikuti oleh Los Angeles pada tahun 2028 dan Brisbane, Australia pada tahun 2032.

Proses pengajuan menjadi tuan rumah Olimpiade 2036 belum dimulai, sementara ada laporan minat dari negara-negara termasuk Jerman, Meksiko, Turki, Rusia, India dan Qatar.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi