Berhitung dengan Metode 'Gasing' Diharap Tingkatkan Pengetahuan Anak Didik

Berhitung dengan Metode 'Gasing' Diharap Tingkatkan Pengetahuan Anak Didik
Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Bontor Hutasoit bersama para guru dan murid Sekolah Dasar yang akan mengikuti pelatihan belajar menghitung dengan metode Gasing di SMP N 1 Tarutung, Senin (26/9) (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Tarutung - Bupati Tapanuli Utara, Nikson Nababan, membuka pelatihan pandai berhitung dengan metode Gampang, Asyik, dan Menyenangkan (Gasing) untuk murid dan guru jenjang sekolah dasar (SD) di Kabupaten Taput di SMP N 1 Tarutung, Senin (26/9). Ia mengapresiasi pelatihan pandai berhitung yang dikemas dengan metode gasing itu.

"Saya dikirimi video metode Gasing oleh Profesor Surya, ternyata ada cara gampang bagaimana menghitung. Dulu pelajaran berhitung seperti matematika, fisika, dan kimia sering menjadi momok bagi anak didik. Kalau ketemu guru matematika, fisika, dan kimia, tak pernah manis minum kopi," ucap Nikson.

Untuk itu ia berharap dengan adanya pelatihan ini kiranya dapat meningkatkan ilmu pengetahuan bagi anak didik sehingga pelajaran berhitung ke depan tidak menjadi momok.

"Sehingga dengan adanya metode Gasing ini, belajar Matematika tidak lagi menjadi momok bagi murid," tandasnya.

Kepala Dinas Pendidikan Taput, Bontor Hutasoit, mengatakan pelatihan pandai berhitung dengan metode Gasing ini diikuti sebanyak 190 orang.

"Terdiri dari 50 orang guru SD dan 140 orang murid SD dari 15 Kecamatan yang ada di Taput," ujarnya.

Dia menambahkan kegiatan berlangsung selama 16 hari dimulai 26 September sampai 13 Oktober 2022. Dengan sumber pembiayaan dari dana Corporate social responsibility (CSR) PT.SOL.

(CAN/CSP)

Baca Juga

Rekomendasi