Bapedda dan CSL Finalisasi Dokumen Rencana Aksi Investasi Berkelanjutan Tapsel

Bapedda dan CSL Finalisasi Dokumen Rencana Aksi Investasi Berkelanjutan Tapsel
Finalisasi Dokumen Rencana Aksi Investasi Berkelanjutan (Analisadaily/Istimewa)

Analisadaily.com, Padangsidimpuan - Bappeda Tapanuli Selatan (Tapsel) bekerja sama Coalition for Sustainable Livelihood (CSL) menggelar acara finalisasi dokumen Sustainable Investment Action Plan (SIAP) terhadap 3 komoditi unggulan, sawit, kopi, dan salak, di Hotel Mega Permata, Kota Padangsidimpuan, Selasa (27/9).

Kepala Bappeda Tapsel, CH Rizal Lubis mengatakan, kegiatan yang difasilitasi CSL ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan Kick Off Meeting yang berlangsung Juni 2022 lalu.

"Sebelumnya, telah diaksanakan kick off 3 bulan lalu, dan hari ini kita akan menyimak hasil telaah oleh tim peneliti Research Center for Climate Change (RCCC Universitas Indonesia) yang telah melakukan pengumpulan data sekaligus kunjungan ke Tapsel," katanya.

Dikatakan, dokumen SIAP ini akan dijadikan referensi bagi Pemkab Tapsel dalam mengelola peluang investasi yang berkelanjutan, khususnya pada sektor pertanian.

"Dokumen ini dapat membantu mewujudkan target yang ada dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tapanuli Selatan 2021-2026," ujarnya.

Menurutnya, tim peneliti RCCC UI yang melakukan kajian investasi berkelanjutan di Tapsel mengakui bahwa kabupaten ini memiliki bentang alam yang menarik sekaligus berpotensi besar untuk investasi.

Kajian investasi berkelanjutan ini lanjutnya, dilakukan untuk mengharmonisasikan investasi dengan tetap menjaga bentang alam Tapanuli Selatan.

“Dalam dokumen yang telah kami susun ini, tersaji beberapa strategi investasi yang dapat dilakukan oleh pemkab, mulai dari menyusun kebijakan investasi berkelanjutan, penguatan kelembagaan dan peningkatan kapasitas, hingga investasi infrastruktur," tuturnya.

Dedi Triadi selaku CSL Lead mengharapkan, dokumen SIAP yang mencakup investasi pada ketiga sektor komoditas, yaitu sawit, kopi, dan salak ini dapat di implementasikan.

“Kami juga akan memaparkan hasil dokumen investasi berkelanjutan ini kepada stakeholders yang tergabung dalam CSL, baik di tingkat regional, nasional, bahkan global dalam pertemuan besar CSL pada Desember mendatang di Medan," ujarnya.

Ditambahkan, kegiatan finalisasi dokumen SIAP dalam rangka mendukung mewujudkan visi Tapsel yang sehat, cerdas, dan sejahtera di bawah kepepimpinan Bupati Dolly Parlindungan Pasaribu ini melibatkan berbagai pemangku kepentingan," katanya.

(HIH/RZD)

Baca Juga

Rekomendasi