Mengenal Manfaat Asuransi Ketika Membeli Mobil Bekas

Mengenal Manfaat Asuransi Ketika Membeli Mobil Bekas
Foto ilustrasi (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Asuransi jadi salah satu hal yang nggak boleh dilewatkan saat membeli mobil bekas guna memberikan proteksi sekaligus kenyamanan buat pemilik.

Selain itu, asuransi juga meminimalisir pengeluaran besar yang tidak terduga apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, mulai dari kecelakaan ringan hingga kehilangan.

Belum lagi apabila harus memberikan pertanggungan atas kerugian kendaraan lain.

Itulah mengapa, sangat disarankan untuk memiliki asuransi mobil, gunanya agar tidak menanggung resiko kerusakan mobil sendirian.

Nah, saat melakukan pembelian asuransi mobil sebaiknya jangan dilakukan secara gegabah. Ingat, ada premi yang harus dibayarkan secara rutin. Sesuaikan dengan kemampuan serta kebutuhan.

Selain itu, pastikan kamu memilih perusahaan asuransi yang tepat. Berikut tips memilih asuransi mobil yang tepat.

Asuransi Total Loss Only (TLO)

Asuransi Total Loss Only (TLO) merupakan asuransi dengan biaya premi paling ringan. Asuransi ini TLO sendiri memberikan pertanggungan ketika biaya perbaikan setara atau melebihi 75% dari harga kendaraan sesaat sebelum mengalami kerugian. Selain itu, mereka juga menjamin risiko ketika mobil hilang karena dicuri.

Asuransi all-risk

Asuransi all-risk menawarkan perlindungan yang lebih komprehensif dari TLO. Pihak perusahaan akan membayarkan klaim untuk segala jenis kerusakan baik itu ringan maupun berat.

Termasuk juga proteksi kehilangan nilai pakai akibat kecelakaan lalu lintas, bencana alam, sampai huru hara.

Kendati begitu, ada harga untuk perlindungan sekomplet ini. Premi asuransi all-risk lebih besar ketimbang TLO. Tapi yang jelas, dengan membayar premi rutin sesuai kontrak dalam polis, kamu bisa mendapatkan perlindungan aset yang benar-benar lengkap.

Tips memilih asuransi

Dalam memilih asuransi, pastikan kamu memahami polisnya secara detail, untuk menghindari kesalahpahaman di masa mendatang dan mengetahui mana yang ditanggung atau tidak, serta syarat-syaratnya.

Contoh saja ada beberapa kondisi yang membuat perusahaan asuransi tidak menanggung risiko. Misal kendaraan dikemudikan oleh nama yang tidak sesuai polis, digunakan melanggar peruntukkan, dijalankan saat rusak, dan sebagainya.

Semua hal tersebut tercantum di dalam polis. Jadi, jangan lupa untuk memahaminya dengan baik ya. Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang wajib kamu perhatikan. Berikut tipsnya.

Lakukan survei

Dalam memilih perusahaan asuransi sebaiknya lakukan survei terlebih dahulu untuk memastikan kalau kamu memilih perusahaan asuransi mobil terbaik.

Cermati dengan baik setiap produk yang ditawarkan kemudian lakukan perbandingan dengan perusahaan asuransi lainnya. Kamu juga bisa meminta ulasan dari kerabat terkait perusahaan asuransi pilihanmu.

Pilih produk yang sesuai

Jika sudah menemukan perusahaan asuransi, pilihlah produk asuransi mobil terbaik yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Agar tidak salah pilih, ketahui dengan rinci setiap produk yang ditawarkan, kamu bisa mencari informasi dari internet atau ulasan dari kerabat, kemudian jangan ragu untuk bertanya kepada pihak perusahaan terkait detail produk yang ditawarkan.

Jaringan bengkel rekanan

Semakin banyak jaringan bengkel rekanan yang dimiliki perusahaan asuransi, kamu akan semakin memiliki banyak pilihan untuk menentukan bengkel tempat mobil diperbaiki.

Untuk itu, pastikan perusahaan asuransi yang akan dipilih memiliki jaringan bengkel rekanan yang luas serta memiliki kualitas dan berlisensi yang baik.

Akses dan layanan asuransi

Saat memilih perusahaan asuransi, pastikan perusahaan tersebut memiliki akses pelayanan yang mudah dihubungi terutama saat keadaan darurat. Pilihlah perusahaan asuransi yang memiliki call center 24 jam. Selain aksesnya, pastikan layanan yang dimiliki juga lengkap dan cepat.

Kontrak kerjasama

Ingat, sekali kamu membubuhkan tanda tangan pada kontrak kerjasama, artinya kamu sudah menyetujui apa yang tertera pada dokumen tersebut dan proses pembayaran premi dan klaim asuransi akan berjalan sesuai yang tertera pada dokumen tersebut.

Untuk itu, sebelum menandatanganinya, bacalah dengan seksama isi kontrak kerjasama yang diberikan pihak asuransi. Pastikan apa yang tertulis sesuai dengan yang disepakati.

Rekomendasi showroom

Saat melakukan pembelian, biasanya pihak showroom akan memberikan rekomendasi asuransi mobil terbaik dan bisa dipercaya.

Beli mobil bekas di mobbi

Nah, kalau kamu beli mobil di mobbi (baca: Mobi), asuransi sudah termasuk apabila melakukan pembelian dengan metode kredit.

Kamu bisa memilih perusahaan asuransi tergantung leasing company mana yang menjadi pilihan kamu. Setiap leasing company memiliki rekanan perusahaan asuransinya masing-masing.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.mobbi.com. mobbi juga bisa diakses melalui smartphone dengan mengunduhnya di Play Store atau App Store.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi