Harga Mobil Honda Brio 2019 Semakin Turun, Fiturnya Tetap Menarik

Harga Mobil Honda Brio 2019 Semakin Turun, Fiturnya Tetap Menarik
Honda Brio E Satya MT 2020 Silver (Analisadaily/istimewa)

Analisadaily.com, Jakarta - Harga mobil Honda Brio bekas bisa dibilang masih tetap stabil di tengah gempuran city car baru yang masuk ke Indonesia. PT Honda Prospect Motor (HPM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM Honda di Indonesia meluncurkan edisi terbaru dari Honda Brio RS Urbanite sebagai tipe tertinggi Honda Brio yang sedikit mempengaruhi harga Brio bekas.

Menjelang akhir tahun ini, mobil bekas Brio terpantau dipasarkan dengan banderol yang sangat terjangkau. Apalagi mobil keluaran terbaru yang bersaing dengan mobil sekelas MPV maupun SUV seperti Toyota Avanza keluaran lima tahun lalu. Contohnya saja Honda Brio 2019 yang masih menarik perhatian.

Honda Brio 2019 merupakan generasi ketiga yang dibawakan untuk melawan penantang lama seperti Toyota Agya maupun Daihatsu Ayla. All New Honda Brio gen 3 yang diperkenalkan pertama kali pada tahun 2018 memang mendapatkan berbagai perubahan dan peningkatan teknologi demi penunjang berkendara. Penasaran dengan kenyamanannya? Intip keunggulannya di bawah ini.

Eksterior Brio 2019

Dipasarkan sebagai mobil perkotaan, tampilannya yang kompak menjadi daya tarik tersendiri. Brio memiliki panjang tak sampai 4 meter, membuatnya mudah dibawa bermanuver di jalanan perkotaan. Apalagi ketika harus menghadapi gang sempit yang sering ditemui di Indonesia.

Desainnya dibuat stylish dengan grille Solid Wing Face khas Honda sudah dilengkapi dengan panel kelir chrome dan aksen piano black pada Brio RS. Tampilannya memikat hingga ke belakang, dimana Brio sudah dilengkapi dengan pintu bagasi tailgate style yang tak kalah dibandingkan city car lain di segmennya.

Dilihat dari sisi samping, Brio memang dimensi yang kompak. Tapi peningkatan wheelbase 60 mm dibandingkan generasi kedua membuatnya memiliki ruang kabin yang lebih baik. Apalagi radius putar Brio hanya 4,5 meter, sehingga memudahkan pengemudi ketika harus memutar balik di jalanan yang padat.

Interior Brio 2019

Interior Honda Brio memang tak semewah mobil-mobil Eropa seperti BMW maupun Mercedes-Benz, tapi Brio memiliki tampilan yang stylish dan sudah modern, apalagi untuk model tahun 2019. Ada head unit serta pengaturan AC Digital, salah satu yang pertama di segmennya, serta aksen berwarna oranye yang bisa ditemukan pada Brio RS untuk kesan sporty di dalam kabin.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, Brio memiliki ruang kabin yang terkesan lapang meskipun memiliki dimensi yang mungil. Tentu saja berkat pengaturan Ultra Seat yang memaksimalkan ruang kaki bagi penumpang di belakang. Sehingga tak salah jika banyak yang memuji Brio berkat kelegaan bangku baris keduanya.

Kursi pengemudi dan penumpang dibuat nyaman dengan balutan material fabric dengan bangku yang lebih tebal. Setiap bangku juga sudah dilengkapi dengan headrest. Selain demi kenyamanan, fitur ini sangat penting untuk menopang kepala dan menghindari cedera parah ketika terjadi benturan atau kecelakaan.

Hanya saja ruang kabin Brio memang masih dipenuhi dengan material plastik. Termasuk ruang kabin yang tak terlalu kedap, apalagi ketika harus dibawa berkendara dalam kecepatan tinggi. Ruang bagasinya tak bisa dibandingkan dengan mobil yang lebih besar, seperti Avanza maupun Xpander. Tapi untuk bagasi di segmen city car, bagasi Brio sudah cukup menjanjikan.

Fitur Brio 2019

Head unit layar sentuh menjadi senjata utama Brio dalam mengantarkan pengemudi dan penumpang di sepanjang perjalanan. Head unit berukuran 6,1 inci ini sudah didukung dengan berbagai kemampuan konektivitas iPod/iPhone, Bluetooth, dan USB, serta mampu memutar musik melalui CD/DVD maupun radio AM/FM.

Perubahan yang ditawarkan pada Brio generasi ketiga ini yaitu kualitas suara yang diberikan. Kali ini ada empat speaker yang dipasang di dalam kabin dipadukan dengan tweeter untuk menghasilkan suara yang lebih baik dan memanjakan telinga. Menawarkan pengendaraan yang lebih menenangkan apalagi pada saat perjalanan jauh.

Khusus untuk Honda Brio RS 2019, HPM sudah menyematkan fitur audio steering switch yang akan membantu pengaturan audio tanpa harus melepaskan tangan dari setir. Walaupun Brio sudah mendapatkan pengaturan tilt steering untuk mempermudah pengemudi mendapatkan posisi berkendara terbaiknya, sayangnya belum ada pengaturan telescopic seperti pada mobil di segmen atasnya.

Karena bodinya yang mungil, masuk ke dalam kabin pun terasa sangat praktis. Dan sebagai penambah kepraktisan di jalanan, ada berbagai ruang penyimpanan yang tersebar. Mulai dari cup holder yang terletak di konsol tengah dan ruang bagasi dengan sekat. Sehingga memudahkan ketika harus membawa barang-barang belanjaan sehari-hari.

Rasa berkendara Brio 2019

Dikhususkan untuk pengendaraan perkotaan yang dinamis, Honda Brio memang menawarkan rasa berkendara yang fun-to-drive layaknya model milik Honda. Masih menggunakan mesin 1.2 liter 4-silinder i-VTEC yang dikenal memiliki efisiensi bahan bakar yang termasuk irit. Apalagi Brio Satya yang merupakan bagian dari mobil LCGC.

Performa yang ditawarkan sudah cukup baik, walaupun keluaran tenaganya tak sebesar mobil MPV maupun SUV. Mesin Honda Brio menghasilkan tenaga maksimal 90 PS pada putaran mesin 6.000 rpm, sedangkan torsi yang dikeluarkan mencapai 110 Nm pada putaran 4.800 rpm.

Rasa berkendara pun semakin menyenangkan mengingat mobil ini sudah mendapatkan pilihan transmisi CVT dengan teknologi Grade Logic Control yang berfungsi untuk mendeteksi sudut elevasi jalan. Selain itu, ada pula pilihan transmisi 5-percepatan otomatis yang sama-sama mengalirkan tenaga ke roda depan.

Sebagai pelengkap, Brio sudah mendapatkan suspensi MacPherson Strut dan suspensi belakang H-Shaped Torsion Beam yang terasa nyaman ketika berkendara di jalanan perkotaan. Ada pula sistem kemudi EPS yang akan memudahkan pengendaraan dengan karakter berkendara yang dinamis, memudahkannya untuk diajak meliuk-liuk di jalanan.

Harga Mobil Honda Brio 2019

Dengan munculnya Honda Brio RS Urbanite pada awal 2021 lalu, harga mobil Honda Brio bekas semakin turun, salah satunya Brio keluaran 2019. Umurnya masih muda serta didukung oleh masa garansi yang masih panjang. Harganya memang tak jauh berbeda dibandingkan mobil bekas lansiran 5 tahun lebih, tapi cukup terjangkau untuk mobil perkotaan yang praktis dan irit.

Saat ini, harga Honda Brio dibanderol mulai dari Rp 153 jutaan untuk tipe Brio Satya S. Sedangkan harga Honda Brio RS Urbanite bisa didapatkan mulai dari Rp 189 jutaan. Berikut daftar harga Brio keluaran tahun 2019 di pasar mobil bekas Tanah Air.

Tipe Honda Brio

Harga

Honda Brio E 2019

Rp 110 jutaan – Rp 130 jutaan

Honda Brio S 2019

Rp 115 jutaan – Rp 135 jutaan

Honda Brio RS 2019

Rp 125 jutaan – Rp 150 jutaan

Sebagai salah satu model city car yang populer di Indonesia, harga mobil Honda Brio yang terjangkau namun tetap stabil merupakan keunggulan mobil ini. Dengan rasa berkendara yang menyenangkan dan didukung berbagai kenyamanan di dalam kabin, mobil ini bisa menjadi alternatif mobil perkotaan yang irit bahan bakar tapi tetap stylish dikendarai.

(Adv)

Baca Juga

Rekomendasi