Gempa Tapanuli Utara, Tempat Ibadah dan Ratusan Rumah Rusak Berat

Gempa Tapanuli Utara, Tempat Ibadah dan Ratusan Rumah Rusak Berat
Kolase foto dampak gempa bumi di Tapanuli Utara (ANTARA/Rinto Aritonang)

Analisadaily.com, Tarutung - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Tapanuli Utara, Bonggas Pasaribu, mengatakan sejumlah rumah ibadah, ratusan rumah warga, tanah longsor hingga badan jalan longsor dan rusak, akibat gempa bumi di Tarutung, Tapanuli Utara, Sabtu (1/10).

Kata dia, gedung HKBP Tarutung Kota di kota Tarutung, satu dari sekian rumah ibadah yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi, juga lebih dari ratusan rumah warga mengalami rusak ringan dan berat.

"Sepanjang 50 hingga 60 meter badan jalan menuju kawasan wisata Salib Kasih juga tertutup material tanah longsor setinggi tiga meter," kata Bonggas dilansir dari Antara.

Selain itu, seratusan meter badan jalan di Desa Simorangkir, Kecamatan Siatasbarita mengalami ambrol hingga kedalaman setengah meter, serta seratusan meter badan jalan di Desa Hutapea Banuarea, Kecamatan Tarutung, juga mengalami kerusakan parah.

"Saat ini kita masih terus mendata kerusakan yang timbul akibat gempa bumi," sebutnya.

Sementara itu, terkait tanah longsor di kawasan wisata Salib Kasih, pihak Pemkab tengah menurunkan alat berat untuk segera mengevakuasi material longsor.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi