Korban Gempa Tapanuli Utara, Janri Nababan: 26 Orang

Korban Gempa Tapanuli Utara, Janri Nababan: 26 Orang
Seorang ibu menemani anaknya yang mengalami korban luka akibat guncangan gempa bumi saat dirawat di tenda darurat RSUD Tarutung, Sabtu (1/10). (ANTARA/Rinto Aritonang)

Analisadaily.com, Tarutung - Direktur Rumah Sakit Umum Daerah Tarutung, Janri Aoyagie Nababan, mengatakan jumlah korban meninggal dunia pasca gempa bumi hanya satu orang, namun korban luka mengalami peningkatan menjadi 26 orang.

"Jika ada yang bilang korban meninggal sudah dua orang, itu adalah hoaks. Hingga saat ini jumlah korban yang menjalani perawatan di RSUD Tarutung 18 orang dan dominasi luka ringan dan lecet," kata Janri dilansir dari Antara, Sabtu (1/10).

Dari 18 korban yang dirawat di RSUD Tarutung, 11 pasien sudah diperbolehkan pulang dengan status rawat jalan karena luka yang diderita hanya luka ringan dan luka lecet saja. Sementara itu, tujuh korban luka lainnya harus dirawat inap di tenda darurat RSUD Tarutung karena harus menjalani observasi.

"Saat ini tenda darurat didirikan di RSUD Tarutung khusus untuk perawatan korban gempa bumi. Pembiayaan para pasien digratiskan tanpa melihat status BPJS karena kondisi saat ini adalah masa tanggap darurat," sebutnya.

Keberadaan tenda darurat akan tetap difungsikan selama masa tanggap darurat bencana gempa bumi diberlakukan.

"Sesuai petunjuk Pak Bupati Taput Nikson Nababan dan Kapolda Sumut Irjen RZ Panca Putra Simanjuntak dalam lawatannya, akan ada trauma healing dari dokter kesehatan jiwa yang disiapkan bagi para pasien," urainya.

Terpisah, soal jumlah korban akibat gempa bumi dini hari tadi, Kadis Kesehatan Sudirman Manurung juga menegaskan hanya ada satu orang korban meninggal dunia pasca gempa bumi di Taput.

"Sementara, ada 8 korban luka yang dirawat di Puskesmas, yakni tiga orang dirawat di Puskesmas Tarutung, tiga orang di Puskesmas Siatasbarita, satu orang di Puskesmas Aek Raja (lokasi pusat gempa), serta satu orang korban luka yang dirawat di Puskesmas Sipahutar," tukas Sudirman.

(CSP)

Baca Juga

Rekomendasi